BMW M3 CS Special Edition Hadir Lebih Ringan dan Bertenaga
Reporter: Gooto.com
Editor: Kusnadi Chahyono
Kamis, 26 Januari 2023 19:42 WIB
BMW M GmbH mengawali tahun 2023 akan menambahkan model edisi khusus yang tangguh BMW M3 CS. (Foto: BMW)
Iklan
Iklan

GOOTO.COM, JakartaBMW M GmbH mengawali tahun 2023 dengan rencana menambahkan mobil baru edisi khusus yang tangguh. Model itu adalah BMW M3 CS. Produsen asal Jerman ini menjanjikan M3 CS terbaru memiliki performa tinggi. Model ini juga disebut menggabungkan kedinamisan tinggi namun bisa diandalkan sebagai mobilitas harian.

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

BMW juga menyebut M3 CS terbaru menghadirkan konstruksi cerdas berbobot ringan, carbon fibre-reinforced plastic (CFRP), tenaga mesin yang ditingkatkan, dan pengaturan sasis yang disempurnakan. Fitur dan spesifikasi desain eksklusif memastikan performa kian sigap dan menyuguhkan karakter tersendiri dari sebuah M3 CS.

Teknologi M TwinPower Turbo telah disempurnakan dari sebelumnya masih 1,7 bar menjadi 2,1 bar

Mesin yang disematkan di mobil baru BMW M3 CS adalah enam silinder segaris yang mampu sajikan tenaga hingga 550 hp, ada kenaikan 40 hp dibanding versi sebelumnya. Disandingkan transmisi delapan percepatan M Steptronic dan sistem gerak empat roda pintar M xDrive mampu melesat 0-100 kpj dalam waktu 3,4 detik. Meski demikian, kecepatan tertinggi dibatasi 300 kpj.

BMW mengabarkan bahwa produksinya akan sangat terbatas untuk M3 CS ini. Sedianya dibuat di BMW Group Plant Munich, dan harganya di Inggris mulai dari £115.900 atau setara Rp 2,1 miliar. Selain Inggris, negara yang paling penting untuk dituju adalah Amerika Serikat, Jerman, dan Jepang.

Teknologi M TwinPower Turbo telah disempurnakan dari sebelumnya masih 1,7 bar menjadi 2,1 bar. Dudukan mesin telah dibuat khusus dengan meningkatkan kekakuan redaman, didesain juga untuk lebih kuat dan kokoh menahan mesin di struktur kendaraan. Hasilnya, mesin lebih responsif dan sentakan kian sigap ke transmisi. Torsi puncaknya 650 Nm mampu memproduksi 2.750 dan 5.950 rpm, sedangkan untuk tenaga puncak hadir pada 6.250 rpm dan 7.200 rpm.

Konstruksi cerdas berbobot ringan, BMW M3 CS terbaru menghadirkan carbon fibre-reinforced plastic (CFRP). (Foto: BMW)

Selain setelan sasis yang disempurnakan, cengkeraman ke permukaan aspal juga disempurnakan menggunakan ukuran pelek berbeda, masih forged M light-alloy. Ban depan gunakan profil ban 275/35 ZR19 dan belakang 285/30 ZR20. Sistem pengereman M3 CS termasuk M Compound dengan kaliper rem berwarna merah. Pilihan rem M Carbon Ceramic juga tersedia dengan kaliper berwarna merah atau emas. 

Tampilan eksterior dibalur dengan cat khusus Frozen Solid White yang disiapkan oleh BMW. Kemudian komponen serat karbon diekspos di bagian atap, dua garis di bagian kap mesin. Oh iya, material ringan yang disematkan bisa menghemat bobot 20 kg, mulai dari kap mesin, front splitter, front air intake, spion luar, diffuser belakang dan spoiler belakang. Kemudian konsol tengah, paddle shift di lingkar kemudi dan trim interior memakai komponen CFRP. M Carbon bucket seat juga menyumbang pemangkasan bobot. Kemudian knalpot berbahan titanium bisa memangkas bobot hingga 4 kg.

BMW Laserlight menjadi fitur standar di BMW M3 CS, menjadikan pendarannya khas menandai mobil ini dari kejauhan.

BMW Laserlight menjadi fitur standar di M3 CS, menjadikan pendarannya khas menandai mobil ini dari kejauhan. Pendaran lampu kuning ketimbang putih menjadi penanda Welcome ketika kendaraan tak terkunci dan ketika low beam atau high beam dinyalakan. Mirip penampilan mobil balap GT.

BMW Curved Display menjadi bagian dari generasi terbaru BMW iDrive berbasis BMW Operating System 8. Layar informasi berukuran 12,3 inci dan kontrol display dengan layar diagonal 14,9 inci yang dikemas bersama di balik permukaan mika. Berkat posisi ergonomis driver-centric, BMW Curved Display membuat operasional secara sentuhan kian mudah.

BMW Curved Display menjadi bagian dari generasi terbaru BMW iDrive berbasis BMW Operating System 8. (Foto: BMW)

BMW Live Cockpit menjadi perangkat standar, bersinergi dengan sistem navigasi BMW Maps, BMW Intelligent Personal Assistant, integrasi dengan ponsel pintar, pengisian baterai dengan wireless charging dan WifFi interface. Perangkat audio mewah Harman Kardon Surround Sound System, kemudian ditambah fitur lain Comfort Access dengan two-zone automatic climate control, Park Distance Control, Front Collision Warning, Lane Departure Warning dan Speed Limit.

Bagi yang ingin memilikinya, peluncuran mobil baru BMW M3 CS resmi ke publik di Inggris akan dimulai Maret 2023.

Baca juga: Honda dan GS Yuasa akan Bentuk Perusahaan Baterai Listrik

Ingin berdiskusi dengan redaksi mengenai artikel di atas? Mari bergabung di grup Telegram GoOto

Iklan

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi