Corvette Z06 GT3.R Siap Ikut Balap Ketahanan Tahun 2024
Reporter: Gooto.com
Editor: Kusnadi Chahyono
Selasa, 31 Januari 2023 07:00 WIB
Mobil balap ketahanan Corvette Z06 GT3.R. (Foto: Chevrolet)
Iklan
Iklan

GOOTO.COM, Jakarta - Mobil balap Corvette Z06 GT3.R untuk kompetisi tahun depan sudah dipamerkan General Motors di depan pengunjung balap ketahanan Rolex 24 at Daytona, 28 Januari 2023. Diyakini mobil balap ini sudah sesuai dengan regulasi teknis FIA untuk kelas GT3.

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Didesain dan dikembangkan menggunakan basis mid-engine Z06 GT3.R berkolaborasi dengan divisi GM Competition Motorsports Engineering dan Pratt Miller Engineering. Bahkan bisa pula dipesan konsumen. Corvette dipastikan sudah siap berkompetisi di berbagai kejuaraan di Amerika Utara dan seluruh dunia dengan dukungan tinggi terhadap komponen serta teknis.

Z06 GT3.R akan balap pertama kali di kategori GT Daytona (GTD) Pro Rolex 24 at Daytona 2024 untuk membuka tahun depan IMSA WeatherTech SportsCar Championship.

Mobil balap Corvette Z06 GT3.R berbasis dari mobil jalan raya Z06. (Foto: Chevrolet)

“Corvette Z06 GT3.R telah menjadi gebrakan bagi Chevrolet dan Corvette Racing,” ujar Mark Stielow, Director, GM Motorsports Engineering Competition. “Mobil balap ketahanan yang berfokus pada pelanggan ini memanfaatkan pembelajaran dari seluruh sejarah Corvette Racing yang panjang dan sukses, ditambah keahlian tim desain produksi, teknik, dan sumber tenaga Corvette kami,” tambahnya.

Z06 GT3.R merupakan kendaraan balap penting bagi Chevrolet. Berbasis supercar Chevrolet Corvette Z06 mid-engine yang sangat terkenal, mobil balap terbaru ini membawa transfer teknologi tinggi antara balap dan produksi ke tingkat yang baru dengan komponen dan fitur yang lebih banyak dibandingkan sebelumnya.

“Corvette Racing telah memberikan pengaruh penting pada desain mobil produksi Corvette selama 25 tahun,” ujar Tadge Juechter, Executive Chief Engineer, Corvette. “Produksi Corvette dan tim balap bekerja sama secara erat dalam pengembangan untuk memaksimalkan keuntungan dari desain mid-engine, berbagi pelajaran yang dipetik untuk performa maksimal di trek.”

Mobil balap Corvette Z06 GT3.R memaksimalkan permintaan konsumen untuk menjadi juara. (Foto: Chevrolet)

Corvette Z06 GT3.R memulai hidupnya dari rangka sasis aluminium di fasilitas perakitan Bowling Green Chevrolet di Kentucky. Rangka memberikan fondasi yang ringan namun kuat dan tahan lama untuk Z06 dan Z06 GT3.R. Begitu tiba di Michigan di Pratt Miller, roll cage baja yang dibuat khusus dilas ke pelat dasar, yang diamankan ke sasis.

Suspensi double-wishbone di bagian depan dan belakang meningkatkan tingkat penyetelan dan penyesuaian untuk ukuran ban khusus balap performa tinggi. Ini adalah konfigurasi suspensi depan dan belakang yang sama seperti pada kendaraan produksi Z06.

Corvette Z06 GT3.R menggunakan ukuran pelek depan dan belakang 18 inci — sama seperti di C8.R.

Tim teknisi balap menambahkan pegas dan peredam balap, rotor, kaliper, dan kampas rem khusus kompetisi. Corvette Z06 GT3.R menggunakan ukuran pelek depan dan belakang 18 inci — sama seperti di C8.R.

Strategi aerodinamis lanjutan juga menjadikan cocok untuk Corvette jalan raya dan mitra GT3. Para ahli mesin bekerja sama dengan GM Design Studio untuk mengembangkan paket aero khusus untuk Z06 GT3.R guna mengoptimalkan tingkat downforce, stabilitas, pengurangan hambatan, dan pendinginan.

Mobil balap Corvette Z06 GT3.R akan disematkan mesin 5.500 cc, flat-plane crankshaft DOHC, V8. Mesin LT6 untuk GT3.R ini dibuat di Performance Build Center di Bowling Green, berbarengan dengan produksi massal Corvette Z06. Komponennya nyaris 70 persen berbagi dengan Z06, termasuk crankshaft, connecting rod, kepala silinder, injeksi bahan bakar, koil, gasket, dan sensor lainnya.

Baca juga: Audi Activesphere Concept, Calon SUV Listrik Paling Tangguh

Ingin berdiskusi dengan redaksi mengenai artikel di atas? Mari bergabung di grup Telegram GoOto

Iklan

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi