Chevrolet Corvette E-Ray Kini Andalkan Hybrid dan e-AWD
Reporter: Tempo.co
Editor: Kusnadi Chahyono
Rabu, 18 Januari 2023 06:29 WIB
Chevrolet Corvette E-Ray menjadi terobosan baru dari General Motors (GM) yang diperkenalkan 17 Januari 2023. (Foto: General Motors)
Iklan
Iklan

GOOTO.COM, JakartaChevrolet Corvette E-Ray menjadi terobosan baru dari General Motors (GM) yang diperkenalkan 17 Januari 2023. Sejak eksis selama 70 tahun dan berganti delapan generasi, baru kali ini supercar Amerika ini memakai teknologi hybrid dan sistem penggerak empat roda. Bahkan memadukan tenaga baterai listrik dan mesin small block V8 yang ditempatkan di tengah.

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Yup, Corvette E-Ray setelah menerapkan sistem penggerak e-AWD yang memadukan motor listrik dan sentakan mesin LT2 V8 memastikan sebagai Corvette tercepat yang pernah dibuat oleh GM. Akselerasi 0-96 kpj hanya perlukan waktu 2,5 detik.

Chevrolet Corvette E-Ray gunakan sistem gerak empat rodanya e-AWD, secara canggih membagi kebutuhan performa setiap roda untuk menapak maju. (Foto: General Motors)

Sistem kerja e-AWD ini membagi motor listrik hanya menggerakkan roda depan saja. Klaim tenaga dari motor listriknya saja 160 hp dan torsi 169 Nm. Sedangkan mesin bakar berkapasitas 6.200 cc yang ditransfer ke roda belakang menghasilkan tenaga 655 hp dan torsi  637 Nm.

Kabar ini tentunya memberikan kegembiraan bagi pengendara yang menginginkan Corvette E-Ray bisa digunakan saat kondisi turun salju. Karena sistem gerak empat rodanya secara canggih membagi kebutuhan performa setiap roda untuk menapak maju. Motor penggeraknya juga secara simultan menjaga kestabilan laju mobil ini.

Pilihan Chevrolet Corvette E-Ray 3LZ Coupe mulai dari $113.850 atau setara Rp1,72 miliar. (Foto: General Motors)

Ketika Chevrolet Corvette E-Ray ini diajak jalan-jalan, saat melintasi kawasan perumahan padat penduduk, pengendara bisa langsung memilih sistem motor penggerak listriknya. Sehingga tetangga tak terganggu dengan suara mesin dan letupan knalpot dari mesin V8. Baterai lithium ion 1,9 kWh disisipkan di bagian tengah mobil. Apabila energi baterai habis, mesin akan menjadi pembantu pengisian ulangnya.

Perihal laju Corvette E-Ray ini dibantu transmisi dual-clutch 8 percepatan yang meluncur halus layaknya menggunakan transmisi otomatis meski dikontrol secara manual. Setiap perpindahan gigi akan sangat cepat sekali, hal ini mendukung kecepatan ketika melesat di sirkuit. Ban yang digunakan adalah Michelin Pilot Sport 4 S ZP.

Saat di belakang kemudi, pengendara bisa tetap fokus memerhatikan laju kendaraan, berkat adanya Head-Up Display. (Foto: General Motors)

Saat di belakang kemudi, pengendara bisa tetap fokus memperhatikan laju kendaraan, berkat adanya Head-Up Display. Apabila ingin serius di sirkuit, ada paket tambahan berupa Performance Data Recorder, sehingga bisa digunakan untuk pertajam waktu. Koneksi Apple CarPlay atau Android Auto bisa disambungkan dengan perangkat head unit Chevrolet Corvette E-Ray. Ada 14 speaker berkualitas dari Bose Performance Series.

Pilihan Chevrolet Corvette E-Ray mulai dari tipe 1LZ dengan harga mulai dari US$102.900, kemudian 2LZ Coupe harga mulai dari US$108.400, dan 3LZ Coupe mulai dari US$113.850. Adapun versi atap terbuka yakni 1LZ Convertible mulai dari US$109.900, 2LZ Convertible memiliki harga US$115.400, dan 3LZ Convertible mulai dari US$120.850.

Baca Juga: Tailor Made Ferrari Roma Khusus Perayaan 30 Tahun di Cina

Ingin berdiskusi dengan redaksi mengenai artikel di atas? Mari bergabung di grup Telegram GoOto

Iklan

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi