Kevin Benavides Tolong Rekan Kecelakaan, Masih Bisa Menangi Stage 13 reli Dakar 2023
Reporter: Gooto.com
Editor: Kusnadi Chahyono
Senin, 16 Januari 2023 05:52 WIB
Kevin Benavides di Stage 13 reli Dakar 2023 sempat berhenti menolong Matthias Walkener tertinggal 23 menit. Namun berhasil menangi stage sepanjang 154 km. (Foto: KTM Image Library)
Iklan
Iklan

GOOTO.COM, JakartaDua pereli Red Bull KTM Factory Racing berada di posisi puncak klasemen perebutan titel Juara Dunia Reli Dakar 2023 usai finis Stage 13. Adapun Toby Price kini memiliki total waktu 43 jam 11:51 detik, unggul 12 detik atas Kevin Benavides. Sementara Skyler Howes (Husqvarna Factory Racing) tergeser ke posisi 3, terpaut 1:31 detik.

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Kevin Benavides bisa menggeser Skyler Howes berkat motor KTM 450 Rally bernomor 47 berhasil memenangkan Stage 13. Sedangkan Howes tertinggal di posisi 7 tertinggal 3:31 detik. Adapun Matthias Walkener pereli Red Bull KTM Factory Racing yang sempat alami cedera tangan di awal stage di Stage 13 kali ini alami insiden yang cukup berisiko, sehingga harus diterbangkan ke rumah sakit akibat sakit di belakang punggung bagian bawah.

Usai berikan pertolongan ke Matthias Walkener, Kevin Benavides di sisa Stage 13 reli Dakar 2023 berusaha pertajam waktu. (Foto: KTM Image Library)

Kevin Benavides saat mengejar waktu, namun mengetahui Walkener alami insiden di sekitar 55 km menyelesaikan special stage. Membuat dirinya harus memberikan pertolongan hingga tim medis datang memberikan penanganan. Membuat dirinya kehilangan waktu sekitar 23 menit. Setelah ikut kembali di balapan, Kevin mencoba mengejar ketertinggalan waktu di Stage 13, ternyata bisa unggul 27 detik dari pereli finis posisi dua Michael Docherty (HT Rally Raid Husqvarna Racing). Di stage ini  Kevin menyelesaikan waktu 2 jam 21:47 detik.

“Tentunya sulit dibayangkan ketika melihat ada pereli alami kecelakaan, lebih buruknya adalah rekan setim. Saya menemani Matthias hingga bantuan datang,meskipun dirinya tengah kesakitan, tapi dia memaksa saya untuk teruskan balapannya,” ujar Kevin Benavides. 

Dirinya melanjutkan, “Di sisa stage saya berusaha keras memaksimalkan kecepatan, jadi terbawa pikiran setelah melihat kejadian seperti itu. Bisa memenangkan balapan sangat luar biasa dan berada di posisi dua klasemen sangat dekat dengan Toby menjadi sebuah kejutan. Masih sisa satu hari lagi, saya akan berusaha yang terbaik, dan hasilnya ditentukan di garis finis.”

Toby Price usai menyelesaikan Stage 13 reli Dakar 2023 masih bertahan di puncak klasemen, terpaut 12 detik dari Kevin Benavides. Tatal 13 stage sudah diselesaikan 43 jam lebih. (Foto: KTM Image Library)

Toby Price yang kini berada di posisi puncak klasemen sementara reli Dakar 2023, saat menyelesaikan Stage 13 ini tak mudah. Karena sempat terjatuh dan kehilangan arah akibat terkendala sistem navigasi. “Saya bisa mengejar pereli di depan sekitar km 90 dan sudah membayangkan bisa memenangkan reli. Saya harus lebih jauh ke depan untuk bisa mendapat jarak aman,” kata dia.

Sayangnya sempat unggul waktu yang cukup jauh, dirinya kehilangan kendali motor. “Saya kehilangan cengkeraman roda depan ketika melibas puncak gurun dan terguling. Kemudian di sekitar km 130 sedikit melenceng sedikit ke kanandan kehilangan banyak waktu untuk kembali ke lintasan. Mencoba berusaha kencang sepanjang hari dengan tujuan tetap berada di puncak di hari terakhir. Saya ternyata bisa melakukannya, senang, dan ternyata sangat ketat persaingan di puncak. Hari Minggu akan menjadi balapan untuk menyelesaikan reli, akan berusaha lebih keras dan melihat di mana berakhirnya,” bebernya.

Kevin Howes di salah satu titik poin Stage 13 reli Dakar 2023. (Foto: Husqvarna)

Tergeser di posisi tiga tidak membuat Skyler Howes putus asa. Dirinya tetap yakin bisa memperbaiki posisi melihat motor masih dalam keadaan baik dan bisa membaca navigasi dengan baik. KEtika mengetahui Matthias Walkener alami insiden membuat dirinya kehilangan fokus.

“Gurunnya banyak gundukan yang tinggi-tinggi, saya harus bisa lompat melewatinya. Tentunya itu bisa menjadi keputusan apakah ingin terus lanjut untuk bisa memang, tapi saya ingin memastikan bahwa bisa menyelesaikan reli Dakar ini juga. Saya kehilangan satu jalur dan ini artinya harus kembali berputar untuk mengambil titik poin, sehingga kehilangan sedikit waktu,” ujar Skyler Howes.

Menanggapi persaingan di klasemen sementara, Skyler sangat optimis bisa mengejar ketertinggalan. “Masih ada kesempatan untuk perebutan gelar, tentunya saya senang dengan hasilnya sejauh ini. Saatnya melihat ke depan meninggalkan segala kesalahan, tak sabar rasanya mengakhiri Reli Dakar ini. Jaraknya akan sangat pendek, perlu lebih kencang untuk bisa pertajam waktu. Tekad saya membawa utuh Husqvarna di garis finis dan berharap di posisi bagus,” ujar dia.

Hasil klasemen sementara reli Dakar 2023:

POS.PereliTIMwaktu
18RED BULL KTM FACTORY RACING43H 11' 51''
247RED BULL KTM FACTORY RACING43H 12' 03''
310HUSQVARNA FACTORY RACING43H 13' 22''
442MONSTER ENERGY HONDA TEAM43H 27' 42''
57MONSTER ENERGY HONDA TEAM43H 27' 50''
677HUSQVARNA FACTORY RACING43H 30' 20''
718RED BULL GASGAS FACTORY RACING43H 34' 25''
811MONSTER ENERGY HONDA TEAM43H 40' 19''
915SHERCO FACTORY44H 22' 19''
1033HERO MOTOSPORTS TEAM RALLY44H 42' 03''

Husqvarna I KTM I Dakar

Baca juga: Toby Price Diambang Juara Reli Dakar 2023

Ingin berdiskusi dengan redaksi mengenai artikel di atas? Mari bergabung di grup Telegram GoOto

Iklan

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi