Pembalap Honda Masih Jauh dari 10 Besar Pada Hari 1 Tes Pramusim MotoGP 2023
Reporter: Gooto.com
Editor: Kusnadi Chahyono
Sabtu, 11 Februari 2023 22:21 WIB
Marc Marquez masih jauh dari 10 besar pada hari pertama sesi pramusim MotoGP 2023. (Foto: Repsol Honda)
Iklan
Iklan

GOOTO.COM, Jakarta - Sesi latihan pertama jelang MotoGP 2023, di sirkuit Sepang, Jumat, 10 Februari, dua pembalap Repsol Honda masih berada jauh dari 10 besar. Marc Marquez berada di posisi 12 dan Joan Mir berada di posisi 17.

Pasca pengetesan di Valencia, Joan Mir memang masih meraba-raba kemampuan Honda RC213V. Sejauh ini dilaporkan bahwa pembalap bernomor 36 tersebut mampu memenuhi rencana pengetesan, meningkatkan kecepatan motor dengan total putari 53 lap di sirkuit sepanjang 5,5 km tersebut.

Marc Marquez mengakui sudah sangat fit hadapi musim MotoGP 2023 dan mencoba berbagai komponen yang disiapkan oleh Honda HRC. Pembalap bernomor 93 tersebut mengitari 58 lap.

Marc Marqeuz jajal empat motor berbeda untuk mendapatkan setelan terbaik Honda RC213V. (Foto: Repsol Honda)

“Sesi persiapan ini sangat sibuk, mencoba berbagai hal sudah biasa dilakukan normal saat pramusim. Kami memulai dengan motor 2022 untuk memastikan bahwa benar-benar merasakan perbedaan jauh berbanding motor baru,” buka Marc Marquez.

Marquez dikabarkan mengendarai hingga empat motor berbeda dengan banyak setelan, sehingga bisa lebih cepat mendapatkan data untuk para hali mesin dan teknisi untuk dianalisa. “Kita lihat bagaimana situasinya hingga akhir pra musim ini, ini masih hari pertama dan terlalu dini untuk bisa mengetahui sejauh mana perubahannya,” ujar dia.

“Kita akan mencoba berbagai hal dan berusaha keras, karena inilah kami melakukan pengetesan,” tegas Marc Marquez.

Sementara itu Joan Mir sebagai pembalap baru di Repsol Honda mengakui banyak hal yang dilakukan pada hari pertama dengan banyak putaran dan juga mencoba berbagai komponen. “Kami masih belum membuat langkah besar berbanding di Valencia, tapi kita sudah ada kemajuan. Tujuannya adalah selalu ada kemajuan setiap hari dan bisa kian dekat dengan pembalap di depan,” ujar Joan Mir.

Joan Mir masih meraba-raba kemampuan Honda RC213V di sirkuit Sepang. (Foto: Repsol Honda)

Beradapasi dengan Honda RC213V menjadi alasan Joan Mir masih belum masuk di jajaran 10 besar pembalap tercepat. “Tapi setidaknya sudah mulai akrab. Masih banyak informasi untuk diproses sejauh ini, mulai dari para teknisi dan juga gaya berkendara. Semuanya alami kemajuan dan pengembangan, sudah puas dengan langkah pertama tapi kita harus bisa lebih jauh,” pungkas Mir.

Adapun untuk catatan waktu latihan pramusim tercepat hari pertama adalah Marco Bezzecchi dari Mooney VR46 Racing Team, bukukan waktu 1:58,470 detik. Marc Marquez di posisi 12 tertinggal 0,954 detik dan Joan Mir terpaut 1,362 detik.

Repsol Honda

Baca juga: Francesco Bagnaia dan Enea Bastianini Mulai Latihan Pertama MotoGP 2023 di Malaysia

Ingin berdiskusi dengan redaksi mengenai artikel di atas? Mari bergabung di grup Telegram GoOto.

Iklan

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi