Anak Pendiri Toyota, Shoichiro Toyoda, Meninggal Dunia
Reporter: Gooto.com
Editor: Kusnadi Chahyono
Selasa, 14 Februari 2023 20:15 WIB
Shoichiro Toyoda 1925-2023, pernah mendapat anugrah Bintang Jasa Utama dari Republik Indonesia pada tahun 2015. (Foto: Toyota)
Iklan
Iklan

GOOTO.COM, JakartaToyota Motor Corporation mengumumkan kabar duka atas meninggalnya Shoichiro Toyoda pada usia 97 tahun, Selasa, 14 Februari 2023. Merupakan anak dari pendiri Toyota, mendiang Kiichiro Toyoda.

Shoichiro Toyoda memulai karirnya di Toyota Motor Corporation (TMC) pada tahun 1952 setelah sebelumnya lulus dari Universitas Nagoya dengan gelar di bidang mesin. Dia kemudian mendapatkan gelar ahli permesinan, menulis tesisnya tentang injeksi bahan bakar.

Dr Toyoda menjabat di banyak posisi selama karirnya yang panjang di mana teknologi otomotif, kontrol kualitas adalah penekanan utamanya. Ia menjadi direktur pelaksana pada tahun 1961 dan mengikuti promosi menjadi direktur pelaksana senior pada tahun 1967, dan wakil presiden eksekutif pada tahun 1972, ia ditunjuk sebagai presiden organisasi penjualan Toyota pada tahun 1981. 

Setelah penggabungan organisasi penjualan dan produksi pada tahun 1982 ia menjadi Presiden Direktur Toyota Motor Corporation yang baru terintegrasi, kemudian menjabat sebagai ketua dewan antara tahun 1992 dan 1999. Setelah bertugas di dewan selama 57 tahun, Dr Toyoda menjabat sebagai ketua kehormatan pada tahun 1999 hingga kematiannya.

Dr Toyoda pernah mendapat Bintang Jasa Utama dari Republik Indonesia pada tahun 2015. Dr Toyoda adalah ayah dari presiden dan CEO saat ini, Akio Toyoda, putra sulungnya. Upacara pemakaman hanya untuk anggota keluarga terdekat. Toyota Motor Corporation akan menggelar acara farewell gathering di kemudian hari.

Pilihan Editor: Spesifikasi Lengkap All New Toyota Agya, Rival Utama Honda Brio

Ingin berdiskusi dengan redaksi mengenai artikel di atas? Mari bergabung di grup Telegram GoOto

Iklan

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi