Audi A5 Coupe: Audi Terindah  
Reporter: Tempo.co
Editor: Tempo.co
Senin, 20 April 2009 00:39 WIB

TEMPO Interaktif, Jakarta: "Audi A5 adalah mobil terindah yang pernah saya rancang," kata Walter de'Silva, Head of Volkswagen Group Design. Pernyataan de'Silva bukan sekedar promosi. Kalau dunia fashion dikenal nama Giorgio Armani, Pierre Cardin, atau Gianni Versace maka di kalangan otomotif ada nama Walter de'Silva.

Nah, Coupe indah inilah yang dibawa PT Garuda Mataram Motors (GMM), pemegang merek Audi di Indonesia, awal bulan ini. "Di tengah pasar yang sedikit lesu, kami ingin memberikan stimulan dengan Audi A5 ini," kata Presiden Direktur Indomobil Group Gunadi Sindhuwinata yang didampingi Presiden Komisaris PT Indomobil Group Soebronto Laras.

Masuk dalam kategori sedan coupe modern, rasanya sulit membantah mobil berlambang empat cincin bertautan ini adalah mobil berkarakter sport yang kental.

Overhang pendek (860 mm) dan wheelbase (2751 mm) menunjukkan karakter kokoh A5. Bonnet dan tepian bagian depan membentuk kesatuan bentuk V. Desain garis horizontal di bumper belakang serta ujung spoiler terintegrasi dengan bold lid.

Selain desain, keunggulan lain tentu saja di urusan mesin. Khusus untuk Indonesia, GMM hanya membawa satu model yaitu 3.2L V6 FSI quattro bermesin bensin menggunakan persneling otomatis dengan 6 tingkat kecepatan yang dilengkapi tiptronic dan penggerak empat roda (quattro). Selain itu, A5 juga punya varian lain bermesin diesel dan kapasitas berbeda (2.0L, 2.7L, dan 3.0L).

Mesin ini menghasilkan tenaga 195 kW (265 bhp) dan torsi maksimum sampai 330 Nm pada 3000-5000 rpm degan kecepatan maksimal 250 km/jam. Namun hebatnya, mobil dengan tenaga dan torsi sebesar ini tak banyak minum bahan bakar. Klaim Audi, A5 menghabiskan 1 liter untuk 12,5 km. Hal ini berkat teknologi Audi valvelift system yang bisa menghemat 4-6% bahan bakar.

Nah, bicara soal teknologi, Audi A5 juga dilengkapi beberapa fitur terbaru. Salah satunya adalah anti-dive compensation. Pada roda belakang dipasangi axle geometry yang meredam gerakan "pitching" sewaktu melakukan pengereman. Hasilnya, mobil nggak doyong saat pengereman.

Lainnya adalah Audi hold assist. Misalnya, Anda sedang berhenti di jalanan menanjak Anda tak perlu mengganti persneling ke posisi N (Netral) atau P (Parking). Cukup tekan tombol A (Audi Hold Assist) yang berada di bawah P (Parking Brake) di samping tuas persneling maka mobil akan berhenti. Jika Anda akan jalan, tinggal tekan pedal gas maka fitur ini akan mati secara otomatis.

Untuk keindahan, tenaga, dan fitur ini, GMM membanderol A5 seharga Rp 1,450 miliar. Pesaingnya hanyalah Mercedes-Benz CLS 350 dengan empat pintu seharga Rp 1,449 M dan BMW 630i Coupe Rp 1,380 miliar. Ketiganya harga off the road.RAJU FEBRIAN

SPESIFIKASIMesin: V6 spark-ignition with petrol direct injection DOHCKapasitas: 3197 ccTenaga maksimal: 195 kW @ 6500 rpmTorsi maksimal: 330 Nm @ 3000-5000 rpmTransmisi: 6-speed triptronic with DSP + sport programDimensi (pxlxt): 4625 x 1590 x 1577 mmWheelbase: 2.751 mmHarga: Rp 1,450 miliar (off-the-road)

#Otomotif
#Partai Serikat Rakyat Independen | SRI

 

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi