Ford Optimistis Hadapi Kuartal Kedua
Reporter: Tempo.co
Editor: Tempo.co
Rabu, 22 April 2009 23:58 WIB
TEMPO Interaktif, Jakarta: Menurunnya pasar otomotif nasional di kuartal pertama tahun 2009, Januari sampai Maret, tidak menyurutkan optimisis PT Ford Motor Indonesia (FMI). Pemegang merek Ford di Indonesia itu justru meningkatkan target pasarnya menjadi 2.335 unit.

Ford meningkatkan pangsa pasarnya di tiga bulan pertama tahun 2009 menjadi 1,23% dengan angka penjualan 1.229 unit. Angka ini memang turun sekitar 23,5% dibandingkan tiga bulan pertama tahun lalu yang tercatat 1.606 unit. Tapi setidaknya menurunkan ini tidak sedrastis total otomotif nasional yang anjlok sampai 26,06%.

Ford Ranger menjadi penyumbang terbanyak dengan penjualan Ford dengan 839 unit diikuti Ford Everest 364 unit.

Meski demikian, Ford menilai kuartal kedua akan terjadi peningkatan. Inilah yang kemudian membuat mereka merevisi oulook industri otomotif nasional dari 370.000 unit menjadi 400.000 unit. "Kami memperkirakan kuartal kedua penjualan otomotif nasional mencatat angka 9.3364 unit dan target Ford adalah sekitar 2.335 unit," kata Will Angove President Direktur PT FMI pada acara Ford Media Roundtable d Jakarta, Selasa (21/4) siang.

Salah satu penyebab adalah hadirnya model baru Ford di C-car yaitu Ford Focus. "Sampai saat ini inden sudah sampai bulan Agustus," terang Davy Tuilan, Direktur Marketing PT FMI.

Mengenai rencana masuknya Ford Fiesta, Davy mengatakan pihaknya makin yakin. Fiesta mencapai sukses besar di Eropa. Sepanjang bulan Maret lalu, Fiesta mencatat penjualan 53.000 unit dan pada bulan tersebut Ford untuk pertama kalinya menempati urutan kedua penjualan.

Setelah dilaunching di Cina, Afrika Selatan, dan Australia penjualan mendapat respon. "Penjualan di Cina mencapai 55%, Afrika Selatan 60%, dan Australia 20%. Semoga sukses ini juga diharapkan bisa dicapai di Indonesia ketika dimasukkan tahun 2010 mendatang," kata Will Angove.

Untuk menyambut kedatangan Fiesta, FMI berencana mengembangkan jaringannya walaupun sudah memiliki 31 dealer yang tersebar di seluruh Indonesia. Rencananya, Ford akan menambah pembukaan dealer baru di Semarang dan Surabaya pada beberapa minggu ke depan. Selain itu juga akan dibuka delaer di Dumai Pekanbaru, Bumi Serpong Damai, dan Bekasi.

Raju Febrian

#Otomotif
#Satgas Antimafia Hukum

 

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi