FIM dan Dorna Sepakat Gelar Kejuaraan Balap Motor Khusus Wanita
Reporter: Gooto.com
Editor: Kusnadi Chahyono
Rabu, 3 Mei 2023 08:00 WIB
Ana Carrasco menjadi wanita pembalap satu-satunya di Moto3 2023, (Foto: Instagram/anacarrasco_22)
Iklan
Iklan

GOOTO.COM, JakartaFIM dan Dorna sepakat menggelar kejuaraan balap motor khusus wanita. Kejuaraan tersebut diberi nama FIM Women’s Motorcycling World Championship.

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Gelaran balap tersebut rencananya akan dimulai pada tahun 2024. Pada musim perdananya balapan hanya terdapat enam seri dengan dua balapan di tiap serinya.

Setiap pembalap juga wajib memakai spesifikasi mesin yang sama. Untuk pabrikan motor yang akan menyuplai balap motor para pembalap juga akan diumumkan di waktu mendatang.

Dikutip dari situs resmi FIM, Presiden FIM Jorge Viega menyebut untuk musim perdananya balapan hanya digelar di Eropa.

"Inilah kejuaraan di mana kami ingin para wanita menjadi seorang pembalap yang profesional. Kami berharap bisa memulai kejuaraan ini pada Maret atau April tahun depan," ucapnya.

Hal senada juga ikut disampaikan CEO FIM Francoise Emery yang turut antusias menantikan balap motor perdana untuk wanita.

"Kami berusaha untuk mempromosikan dan mendukung para wanita dalam balap motor. Kami ingin supaya mereka mendapat kesempatan untuk membalap. Maka, kami dengan bangga meluncurkan kejuaraan balap motor khusus wanita ini," jelas Emery.

Sementara itu, CEO Dorna Sports, Carmelo Ezpeleta mengatakan kejuaraan motor khusus wanita diharapkan mampu mengembangkan bakat para wanita di dunia.

"Setelah banyak pertimbangan, bersama FIM kami memutuskan bahwa kejuaraan ini sangat penting untuk kita dan masa depan balap motor di dunia," kata Ezpeleta.

Sebagai informasi, saat ini memang terdapat wanita yang ikut berkompetisi di Moto3 yakni Ana Carrasco. Ia tersebut terbilang menjadi pembalap yang cukup sukses setelah meraih gelar World Supersport 300 yang didapatkannya pada tahun 2018.

Keberhasilannya juga mengukir nama Ana Carrasco menjadi pembalap motor wanita pertama yang meraih gelar kejuaraan balap motor tingkat dunia.

ERWAN HARTAWAN

Pilihan Editor: Pirelli Siapkan Ban Motor untuk WorldSBK di Catalunya

Ingin berdiskusi dengan redaksi mengenai artikel di atas? Mari bergabung di grup Telegram GoOto.

Iklan

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi