Hasil Tes MotoGP Jerez: Fabio Quartararo dan Franco Morbidelli Masih Kurang Puas
Reporter: Gooto.com
Editor: Kusnadi Chahyono
Selasa, 2 Mei 2023 07:37 WIB
Fabio Quartararo di test motoGP Jerez 2023, 1 Mei 2023. (Foto: Yamaha)
Iklan
Iklan

GOOTO.COM, JakartaFabio Quartararo dan Franco Morbidelli pasca balapan MotoGP Spanyol 2023, lanjut melakukan tes MotoGP satu hari di sirkuit Jerez, 1 Mei. Pengetesan resmi yang digelar oleh IRTA tersebut diakhiri pembalap Monster Energy Yamaha MotoGP dengan posisi 3 dan 16.

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Sepanjang pengetesan delapan jam tersebut Fabio Quartararo sangat bersemangat dan termotivasi berikan banyak data untuk tim perihal aerodinamika dan juga sistem knalpot barunya. 

Sementara Franco Morbidelli punya tugas sendiri untuk mengumpulkan banyak data perbandingan, sehingga dirinya lebih banyak keluar masuk paddock dan sirkuit. Memastikan Yamaha YZR-M1 mendapatkan komponen baru yang sesuai.

“Saya mencoba knalpot baru. Hasilnya bagus dan suara motor jadi berbeda jauh. Sasis baru juga saya coba. Kami melakukan sesuai dengan arahan, tapi masih mencari tahu mana yang lebih baik, karena mereka hampir mirip,” buka Fabio Quartararo.

Franco Morbidelli di test motoGP Jerez, 1 Mei 2023. (Foto: Yamaha)

Adapun hasil pengetesan lainnya juga diungkapkan pembalap asal Prancis ini, “Kami juga mencoba berbagai aerodinamika dan sayap. Kami mencoba memahami mana yang terbaik. Begitu juga mencoba time attack selama dua lap. Catatan waktu idealnya sangat bagus. Kecepatan motor juga luar biasa, tapi tidak ada perubahan besar saat time attack, sehingga kita harus melakukan perbaikan akan hal ini.”

Sedangkan Franco Morbidelli mengungkapkan bahwa komponen yang harus dilakukan pengetesannya begitu banyak. “Kami mengumpulkan data di aerodinamika. Komponen ini merupakan bagian yang akan kita lebih jauh dapatkan, dan saya bisa katakan sesuatu yang lebih menarik,” kata dia.

Pembalap asal Italia ini juga memastikan bahwa banyak komponen yang diuji namun perbedaannya tidak terlalu besar. “Beberapa komponen yang berfungsi di satu area tapi tidak berdampak dengan lainnya. Tapi para ahli mesin kami bekerja sangat baik. Kami hanya perlu untuk lebih dalam menggali,” ujar Franco Morbidelli.

Catatan waktu terbaik Fabio Quartararo di Jerez MotoGP Official Test ini 1:36,725 detik diraih pada lap 60, hanya terpaut 0,151 detik dari pencetak waktu tercepat Marco Bezzecchi. Sedangkan Franco Morbidelli bubuhkan waktu 1:37,543 detik.

Tim Monster Energy Yamaha MotoGP akan kembali beraksi pada dua pekan mendatang hadapi Grand Prix de France 13-14 Mei 2023. 

Pilihan Editor: Hasil MotoGP Spanyol: Francesco Bagnaia Tercepat, Dani Pedrosa P7

Ingin berdiskusi dengan redaksi mengenai artikel di atas? Mari bergabung di grup Telegram GoOto.

Iklan

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi