Jelang MotoGP Argentina 2023: Yamaha akan Bantu Fabio Quartararo Masuk Q2
Reporter: Gooto.com
Editor: Kusnadi Chahyono
Sabtu, 1 April 2023 17:18 WIB
Fabio Quartararo - MotoGP Argentina 2023. (Foto: Monster Energy Yamaha MotoGP)
Iklan
Iklan

GOOTO.COM, JakartaMinimnya cengkeraman ban di sirkuit Termas de Rio Hondo, membuat pembalap Monster Energy Yamaha MotoGP tak bisa tampil bagus di sesi kualifikasi MotoGP Argentina 2023, Jumat, 31 Maret.  Franco Morbidelli hanya bisa bertengger di posisi sembilan tercepat dan Fabio Quartararo berada di posisi 14.

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Catatan waktu Franco Morbidelli terpaut hingga 0,562 detik dengan pembalap tercepat di FP2 yakni Aleix Espargaro (Aprilia Racing) yang bukukan 1:38,518 detik bisa langsung ikut Q2. Sedangkan Fabio Quartararo catatkan 1:39,264 detik tak bisa langsung ikuti Q2, tapi harus ikut seleksi di Q1. 

Franco Morbidelli menyatakan bahwa Yamaha YZR-M1 bisa diandalkan di latihan hari pertama. “Hasil latihan yang positif, kita sudah mulai lebih baik dan bila langsung kencang untuk meningkatkan kemampuan motor sedikit demi sedikit,” yakin dia.

Franco Morbidelli - MotoGP Argentina 2023. (Foto: Monster Energy Yamaha MotoGP)

“Sepertinya kita sudah mengalami peningkatan, tentunya positif. Masih ada beberapa area yang harus disempurnakan. Tapi sejauh ini awal yang positif di balapan pekan ini. Semoga saja akan lebih baik bila bisa start dari posisi dua baris pertama. Kita lihat saja kemungkinannya,” semangat Franco Morbidelli.

Sementara Fabio Quartararo memastikan bahwa motor Yamaha YZR-M1 tak mengeluarkan potensi performanya di Moto Argentina 2023.

“Hari yang buruk buat kita. Laju motor tidak terlalu buruk, tapi masih banyak hal yang harus disempurnakan. Kita masih sulit untuk menaklukkan tikungan dan pengendaraan. Tapi laju motor saat di tikungan masih menjadi kekurangan saat ini. Kita harus memahami apa yang menyebabkan ini terjadi,” ujar Fabio Quartararo.

Pembalap asal Prancis ini menegaskan bahwa tak banyak ubahan dilakukan berbanding balapan sebelumnya di Portugal. “Tak ada ubahan besar di motor berbanding balapan sebelumnya. Semoga saja saya bisa mengetahui secepatnya. Saya berharap bisa lebih baik lagi, menyadari bahwa tahun lalu kita bisa kuat di sini,” jelasnya.

Fabio Quartararo - MotoGP Argentina 2023. (Foto: Monster Energy Yamaha MotoGP)

Massimo Meregalli sebagai Team Director Monster Energy Yamaha MotoGP mengatakan, “Jelang balapan MotoGP Argentina 2023 ini tak berjalan mulus seperti harapan. Ada hal positif dan negatif. Mulai dari hal positifnya: Franco bisa memecahkan kendalanya di jelang pekan balapan ini. Laju motornya bagus dan terlihat di dua sesi latihan, bahkan bisa masuk 10 besar langsung masuk sesi Q2.”

“Di sisi lain, Fabio Quartararo sepertinya sangat kesulitan dengan minimnya cengkeraman di sirkuit. Dirinya bisa lebih baik di FP2, tapi tak setara dengan kemampuannya. Hari Sabtu dirinya akan ikut Q1,” jelas Massimo Meregalli.

Massimo Meregalli mengatakan bahwa balapan kali akan sangat menantang sehingga dirinya bersama tim akan mencari solusi agar dua pembalap Yamaha ini bisa kompetitif di lintasan.

“Kita akan membantu dia (Fabio) agar bisa masuk Q2, karena kita bisa lihat begitu pentingnya posisi di kualifikasi untuk Sprint Race dan Race pada hari Minggu,” tegasnya.

Pilihan Editor: Jelang MotoGP Argentina 2023: Pembalap Aprilia Incar Start Terdepan

Ingin berdiskusi dengan redaksi mengenai artikel di atas? Mari bergabung di grup Telegram GoOto

Iklan

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi