Hasil Kualifikasi MotoGP Argentina 2023: Alex Marquez Raih Pole!
Reporter: Gooto.com
Editor: Kusnadi Chahyono
Minggu, 2 April 2023 03:36 WIB
Alex Marquez raih Pole Position pertama di MotoGP Argentina 2023, Sabtu, 1 April 2023. (Foto: Gresini)
Iklan
Iklan

GOOTO.COM, JakartaKondisi lintasan yang terguyur hujan gerimis, Alex Marquez pembalap Gresini Racing berhasil catat 1:43,881 detik di sesi kualifikasi MotoGP Argentina 2023, Sabtu, 1 April. Pembalap Spanyol ini berhak untuk raih Pole Position di Sprint Race hari Sabtu ini dan juga Race hari Minggu nanti.

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Pembalap di posisi dua ada Marco Bezzecchi (Mooney VR46 Racing) hanya terpaut 0,172 detik. Posisi tiga ada juara dunia MotoGP 2022 yakni Francesco Bagnaia yang nekat gunakan ban slick di kondisi lintasan basah, namun berhasil catatkan waktu 1:44,739 detik.

Alex Marquez sempat terjatuh dan membuat motor Ducati Desmosedici GP22 terbakar di Q1. Namun adik dari Marc Marquez ini sangat beruntung karena sebelumnya masih mencatatkan pembalap tercepat di Q1.

Usai sesi kualifikasi Alex Marquez mengatakan, “Saya sangat senang, karena saat sesi Q1 begitu sulit dengan kondisi ban basah karena ada permukaan yang kering dan basah,kemudian lakukan kesalahan di tikungan terakhir, di saat Rins mengambil alih dan terjatuh. Melihat pembalap begitu cepat di sesi ini sempat pasrah tak akan lolos untuk Q2."

Hasil kualifikasi MotoGP Argentina 2023, Alex Marquez (tengah) raih pole position, Marco Bezzecchi (kiri) posisi 2, Francesco Bagnaia (kanan) posisi tiga di garis start. (Foto: Gresini)

Beruntung catatan waktu Alex Marquez tak ada yang menggeser. “Padahal bermasalah dengan motor serta terbakar. Kondisi ini tentunya semakin sulit ketika lolos Q2 hanya punya satu motor. Saya mencoba lakukan yang terbaik dengan ban basah. Tapi ketika waktu penggantian ban, sudah tak ada waktu melakukannya, terus berusaha dengan ban tipe basah dan tetap setelan mesin kondisi basah ternyata berhasil. Senang dengan hasil ini atas kerja keras tim dan siap hadapi balapan.

Posisi dua yang tempati Marco Bezzecchi memang sudah diharapkan dirinya, apalagi dirinya memang sudah agresif sejak latihan MotoGP Argentina 2023, hari Jumat, 31 Maret. “Sesi kualifikasi kali ini cukup lucu, karena di beberapa bagian lintasan basah. Saya melihat untuk berbagai kemungkinan. Melihat kondisi seperti ini dengan motor bisa kencang tentunya menyenangkan,” jelas Bezzecchi.

Adapun Francesco Bagnaia yang nekat melesat dengan ban tipe slick di kondisi lintasan basah mengatakan. “Sempat takut ketika menentukan ban slick untuk kualifikasi, apalagi di beberapa bagian sirkuit ada yang basah dan itu berisiko. Di lap terakhir mencoba mengambil risiko di tikungan masuk, tapi hasilnya cukup menggembirakan,” kata dia.

“Setidaknya bisa start dari barisan terdepan dan lanjutkan untuk fokus di balapan (Sprint Race) apalagi di kondisi sepertinya akan menuntut kewaspadaan,” jelas Fabio Quartararo.

Pilihan Editor: Empat Pembalap Top Absen di MotoGP Argentina

Ingin berdiskusi dengan redaksi mengenai artikel di atas? Mari bergabung di grup Telegram GoOto

Iklan

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi