Alex Rins: Mesin Yamaha Mulai Membaik di Tes MotoGP Qatar
Reporter: Gooto.com
Editor: Rafif Rahedian
Selasa, 27 Februari 2024 07:00 WIB
Alex Rins di tes pramusim MotoGP 2024 di sirkuit Ricardo Tormo, Valencia, 28 November 2023, melakukan penyesuaian terhadap aerodinamika fairing Yamaha YZR-M1. (Foto: Yamaha)
Iklan
Iklan

GOOTO.COM, JakartaAlex Rins merasakan hal positif pada motor balap Yamaha M1 setelah menyelesaikan tes MotoGP Qatar 2024. Rider Monster Energy Yamaha itu menilai bahwa mesin motor balap miliknya sudah mulai membaik.

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Meski tak mampu masuk 10 besar, namun dirinya berhasil meningkatkan catatan waktunya dari hari pertama tes MotoGP Qatar 2024. Alex Rins diketahui hanya bisa menempati urutan ke-19 di sesi pertama Sirkuit International Losail lewat torehan waktu 1 menit 53,642 detik.

Dirinya mampu naik ke posisi 16 di hari kedua dengan catatan waktu 1 menit 52,103 detik. Selama dua hari, pembalap berkebangsaan Spanyol tersebut tak bisa menorehkan posisi yang lebih baik dari rekan setimnya, Fabio Quartararo (P10 dan P14).

Yamaha telah membuat kemajuan signifikan dalam hal mesin karena kami sekarang sangat kuat di lintasan lurus,” kata Alex Rins seperti dilansir Gooto.com dari Speedweek hari ini, Selasa, 27 Februari 2024.

“Namun, kami masih harus berbenah di fase pengereman dan akselerasi. Kami masih kurang memiliki grip dibandingkan pabrikan lain, terutama di pintu masuk tikungan,” tambah mantan pembalap Suzuki tersebut.

Lebih lanjut Alex Rins mengaku mendapatkan banyak masalah di hari pertama tes MotoGP Qatar 2024. Itu terjadi karena dirinya sudah cukup lama tak tampil di Sirkuit International Losail akibat mengalami cedera.

“Saya mendapat banyak masalah, terutama di pagi hari. Dibanding tahun 2022, semuanya sudah berubah. Aspalnya baru, warna lintasannya benar-benar berbeda, bahkan bangunannya pun tak lagi terlihat sama. Jadi sulit menggunakan referensi saya yang biasa,” jelas dia.

Tak hanya itu, Alex Rins juga masih mengkhawatirkan kondisi kakinya yang sempat cedera parah pada MotoGP 2023. Sekedar mengingatkan kembali, saat itu dirinya mengalami patah tulang tibia dan fibula.

“Saya agak takut sebelumnya karena kaki saya kembali bermasalah setelah tes Sepang. Mungkin karena cuaca dingin di Andorra atau fakta bahwa tulangnya belum sembuh. Untungnya, saya tidak merasakan batasan apa pun pada motornya,” tutup Alex Rins.

SPEEDWEEK

Pilihan Editor: MotoGP: Marc Marquez Masih Belum Hafal Perangkat Motor Ducati

Ingin berdiskusi dengan redaksi mengenai artikel di atas? Mari bergabung di membership.tempo.co/komunitas pilih grup GoOto

Iklan

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi