MotoGP Spanyol 2023: Fabio Quartararo Pertanyakan Long-Lap Penalty
Reporter: Gooto.com
Editor: Kusnadi Chahyono
Senin, 1 Mei 2023 08:36 WIB
Insiden antara Miguel Oliveira dan Fabio Quartararo di MotoGP Spanyol 2023. 30 April 2023. (Foto: MotoGP)
Iklan
Iklan

GOOTO.COM, JakartaInsiden Fabio Quartararo (Monster Energy Yamaha MotoGP) dan Miguel Oliveira (CryptoDATA RNF MotoGP) yang saling bersenggolan di awal balapan MotoGP Spanyol, 30 April 2023, berakibat Oliveira harus mendapat penanganan medis lebih serius. Terjadi pergeseran sendi di bagian bahu.

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Hal ini diawali selepas start yang kemudian insiden terjadi di tikungan kedua dan membuat bendera merah dikibarkan. Dari hasil rekaman video, Miguel Oliveira masuk dari sisi luar menyentuh Fabio Quartararo, namun pembalap Yamaha ini tak ada ruang untuk menghindar, karena di depan sudah terlalu rapat dengan Marco Bezzecchi (Mooney VR46 Racing Team) dan menyentuh bagian buritan, membuatnya terjatuh dan menyeret Miguel Oliveira.

Akibat insiden tersebut, Miguel Oliveira harus ditandu naik ambulance dan dibawa ke ruang medis untuk penanganan bahu yang bergeser. Oliveira dinyatakan masih belum sehat untuk ikuti Shark Grand Prix de France digelar 12-14 Mei mendatang.

Akibat insiden tersebut membuat Fabio Quartararo terkena long-lap penalty hingga dua kali. Akibat yang pertama dinyatakan steward oleh batal karena keluar jalur long-lap penalty.

Tanggapan terhadap insiden tersebut yang berdampak mendapat hadiah long-lap penalty diprotes oleh Fabio Quartararo. “Saya tidak mencoba menyalip di awal balapan, saya hanya mencoba bertahan di tikungan. Tapi ada Bezzecchi di kanan dan Miguel di kiri. Saya menyentuh motor Bezzecchi dan Miguel, tapi hanya karena saya tidak punya ruang. Itu hanya masalah mencoba keluar di tikungan. Dari pihak kami, tidak ada alasan untuk memberi saya long-lap penalty, karena saya hanya berusaha melakukan yang terbaik,” ujar Fabio Quartararo.

Pembelaan juga dilontarkan Massimo Meregalli selaku Direktur Tim Monster Energy Yamaha MotoGP. “Kami merasa long-lap penalty untuk Fabio atas insiden lap pembuka di balapan ini terlalu keras. Fabio tidak menyalip sembarangan; dia terjebak di antara dua pengendara di tikungan sempit. Lebih buruk lagi, Fabio diberikan satu lagi karena melewati garis putih keluar dari lingkaran long-lap penalty.” 

Massimo Meregalli semakin penasaran dengan keputusan yang sulit diterima akibat insiden Miguel Oliveira dan Fabio Quartararo,

“Setelah balapan, kami menemui Race Direction untuk mengungkapkan pendapat kami tentang keputusan mereka, dan setelah melihat berbagai pandangan tentang kecelakaan itu, mereka belum dapat meyakinkan kami. Balapan Fabio jelas dikompromikan oleh keputusan Steward, dan kami yakin bahwa penalti yang diberikan kepada Franco Morbidelli kemarin juga sangat dipertanyakan,” ujar Meregalli.

Pilihan Editor: MotoGP Spanyol 2023: Francesco Bagnaia Menang Lagi di Jerez

Ingin berdiskusi dengan redaksi mengenai artikel di atas? Mari bergabung di grup Telegram GoOto.

Iklan

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi