Toyota Motor Europe dan Dutch VDL Groep Percepat Truk Hidrogen
Reporter: Gooto.com
Editor: Kusnadi Chahyono
Rabu, 10 Mei 2023 09:00 WIB
Toyota Motor Europe (TME) bersama Dutch VDL Groep (VDL) untuk masuk ke segmen truk hidrogen heavy-duty. (Foto: Toyota)
Iklan
Iklan

GOOTO.COM, JakartaToyota Motor Europe (TME) bersama Dutch VDL Groep (VDL) untuk masuk ke segmen truk hidrogen heavy-duty tanpa emisi di Eropa, menggunakan teknologi fuel cell dari Toyota

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Kerja sama tersebut bertujuan untuk mempercepat dekarbonisasi sektor logistik di jalan raya, yang merupakan faktor penting dalam memenuhi tujuan TME mencapai strategi carbon neutral sepenuhnya pada tahun 2040.

Perusahaan melihat potensi yang signifikan dalam menggunakan truk hidrogen untuk mendekarbonasi rute logistiknya. Bobot dari sistem hidrogen yang lebih ringan memungkinkan muatan yang lebih berat dan pengisian bahan bakar hidrogen lebih cepat dan sangat penting untuk pengangkutan tanpa jeda. 

Sistem hidrogen dapat mengisi bahan bakar truk secepat kendaraan diesel dan pola penggunaan truk dengan permintaan volume hidrogen yang lebih besar menempatkannya sebagai kontributor utama dalam pematangan infrastruktur berkelanjutan di sekitar jalan raya utama.

Truk fuel cell memiliki peran penting dalam pertumbuhan ekosistem hidrogen Eropa yang lebih luas, sangat mendukung dekarbonisasi transportasi dan transisi energi ekologis. (Foto: Toyota)

Hans Bekkers, Commercial Director VDL Special Vehicles mengatakan bahwa, “VDL Special Vehicles percaya pada masa depan kendaraan tanpa emisi. Oleh karena itu, menjadi kebanggaan kami dapat bekerja sama dengan Toyota Motor Europe dalam proyek teknologi inovatif ini, yang akan memungkinkan kami memperluas aktivitas di driveline hidrogen."

Leon Van Der Merwe, VP Supply Chain Toyota Motor Europe mengatakan, “Kami sangat bersemangat memulai proyek ini dengan VDL Groep, karena ini akan memungkinkan kami mendekarbonisasi lebih lanjut transportasi jarak jauh komponen, kendaraan, dan suku cadang servis kami.”

Adapun Leon Van Der Merwe meyakini bahwa Heavy-duty trucks akan tetap menjadi pilar penting dalam strategi multimodal Toyota. “Peluncuran truk tanpa emisi dilengkapi dengan modul fuel cell Toyota, akan berdampak kuat pada pengurangan karbon secara keseluruhan di logistik kami,” kata dia.

Truk fuel cell memiliki peran penting dalam pertumbuhan ekosistem hidrogen Eropa yang lebih luas, sangat mendukung dekarbonisasi transportasi dan transisi energi ekologis. Kendaraan heavy-duty sangat penting dalam menghasilkan pasokan dan permintaan dinamis yang sehat bagi pertumbuhan kendaraan hidrogen.

Proyek truk baru ini adalah salah satu dari banyak proyek yang baru-baru ini dilakukan Toyota dengan banyak mitra, termasuk untuk kendaraan komersial ringan, kapal, kereta api, dan bus, dengan tujuan mempercepat transisi ke ekonomi hidrogen.

Pilihan Editor: PACCAR-Toyota Motor Hadirkan Truk Listrik Kenworth dan Peterbilt

Ingin berdiskusi dengan redaksi mengenai artikel di atas? Mari bergabung di grup Telegram GoOto.

Iklan

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi