Caterham EV Seven Menganut Siklus 20-15-20
Reporter: Tempo.co
Editor: Kusnadi Chahyono
Kamis, 25 Mei 2023 07:19 WIB
Caterham EV Seven sajikan performa unik. (Foto: Caterham)
Iklan
Iklan

GOOTO.COM, JakartaProdusen mobil sport asal Dartford, Inggris, yakni Caterham tak ingin ketinggalan di persaingan mobil listrik performa tinggi. Memperkenalkan Caterham EV Seven sebagai konsep teknologi pengembangan masa depan Seven bertenaga listrik penuh.

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Konsep ini akan menguji kelayakan mobil listrik Seven yang ringan dan memungkinkan Caterham melangkah lebih cepat menghadirkan model listrik baterai ke konsumen baru.

EV Seven sedang dirancang bekerja sama dengan Swindon Powertrain Ltd – pemimpin dalam pengembangan powertrain canggih dan ultra-kuat untuk aplikasi jalan raya dan aplikasi motorsport. 

Caterham EV Seven sedang dirancang bekerja sama dengan Swindon Powertrain Ltd. (Foto: Caterham)

Adapun EV Seven menggunakan sasis Seven yang lebih besar dan menampilkan versi E Axle Swindon Powertrain yang dipesan khusus, dikombinasikan dengan paket baterai berpendingin.

Pendinginan baterai secara perendaman menggunakan cairan dielektrik, dalam hal ini dipasok oleh mitra Caterham, Motul. Cairan bersentuhan langsung dengan sel memungkinkan manajemen termal yang lebih baik selama siklus pengisian dan pengosongan. Teknologi mutakhir ini berada di garis depan untuk kendaraan listrik baterai. Hingga saat ini, biasanya digunakan untuk mendinginkan komputer super yang menghasilkan panas dalam jumlah besar.

EV Seven dapat digunakan di jalan raya dan lintasan balap. Untuk yang terakhir, ini berarti mampu melakukan siklus berkendara 20-15-20 yang dapat diulang. Kemampuan untuk berkendara di permukaan aspal selama 20 menit dan mengisi ulang dalam 15 menit dengan energi yang cukup untuk berkendara selama 20 menit lagi.

Caterham EV Seven sajikan dua tempat duduk. (Foto: Caterham)

Peningkatan beratnya tak sampai dari 70 kg dibandingkan dengan produksi Seven saat ini yang menjadi dasarnya (artinya massa total hanya di bawah 700 kg). Baterai berpendingin perendaman 51kWh ditempatkan di ruang mesin dan terowongan transmisi dan mampu mengisi daya cepat DC dengan kecepatan hingga 152kW.

Baterai memiliki kapasitas yang dapat digunakan sekitar 40kWh, dengan aman memungkinkan paket baterai menahan penggunaan trek yang berat diikuti dengan pengisian cepat tanpa menyebabkan degradasi dini.

EV Seven dapat digunakan di jalan raya dan lintasan balap. Untuk yang terakhir, ini berarti mampu melakukan siklus berkendara 20-15-20 yang dapat diulang. (Foto: Caterham)

Konsep ini menggunakan versi khusus E Axle Swindon Powertrain berbasis HPDE. Mampu menghasilkan 240 hp pada 9.000 rpm dan torsi puncak sesaat 250Nm. Catatan waktu 0-96 kpj bisa torehkan 4 detik.

Powertrain telah direkayasa agar sangat cocok dengan karakteristik performa Seven saat ini untuk memastikan EV Seven memiliki kemampuan berkendara yang serupa dengan model ICE.

Pilihan Editor: Caterham Super Seven 600 dan Super Seven 2000 Hidupkan Lagi Mobil Retro

Ingin berdiskusi dengan redaksi mengenai artikel di atas? Mari bergabung di grup Telegram GoOto.

Iklan

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi