Mobil Cina Great Wall Motor Ikutan GIIAS 2023
Reporter: Gooto.com
Editor: Kusnadi Chahyono
Jumat, 26 Mei 2023 06:04 WIB
GWM di 42nd Bangkok Motor Show 2021. (Foto: GWM)
Iklan
Iklan

GOOTO.COM, JakartaBrand mobil Cina kini mulai melihat pasar potensial di Indonesia. Sebelumnya sudah ada DFSK, Wuling, Chery, terbaru adalah Seres. Namun diyakini ada tambahan lagi di Gaikindo Indonesia International Auto Show 2023 yang digelar Agustus mendatang.

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Adapun Great Wall Motor (GWM) akan dinaungi oleh salah satu perusahaan besar Indonesia yang juga bermain di otomotif, sedianya akan mengibarkan bendera Haval, Tank, dan Ora. Tiga brand tersebut merupakan turunan dari GWM. 

Sementara ada pendatang lain bernama Neta yang sebelumnya digadang-gadang sebagai basis dari ESEMKA, namun Hozon Auto sebagai pemilik brand lebih memilih turun tangan sendiri untuk memasarkan brand yang baru punya dua produk yakni Neta U dan Neta V.

Menyimak GWM sebelumnya sudah mulai masuk ke pasar Asia dengan menancapkan bisnisnya di Thailand melalui brand Haval dan Ora. Cukup menarik yang ditawarkan yakni Haval H6 HEV dan Haval H6 PHEV. Sedangkan untuk Ora yang bermain di kelas small car menawarkan Ora Good Cat.

GWM di 42nd Bangkok Motor Show 2021 perkenalkan Haval H6 HEV dan PHEV. (Foto: GWM)

 Haval H6 HEV dan Haval H6 PHEV

Di Thailand sudah ada banderolnya dengan harga cukup kompetitif yakni setara Rp 582 juta. Mesin yang dipakai adalah 1.5L turbo yang diklaim suguhkan tenaga hingga 240 hp dan torsinya 530 Nm. Fitur menarik lainnya adalah Star Matrix front grille, Intelligent LED headlamp, Electric Tailgate dengan Kick Sensor.

Dimensinya memiliki panjang 4.653 mm, lebar 1.886 mm dan tinggi 1.724 mm. Jarak sumburodanya 2.738 mm.

Perihal pengisian baterainya untuk Haval H6 PHEV menggunakan charger AC atau DC. Pengisian cepat menggunakan arus DC untuk 0-80 persen hanya perlukan waktu 35 menit. Sedangkan untuk pengisian gunakan arus AC tegangan 6,6 kW untuk 0-100 persen perlu waktu 6 jam.

Keselamatan pintar yang disematkan adalah Front Collision Warning (FCW), Automatic Emergency Braking Intersection (AEBI), Wisdom Dodge System (WDS), Rear Collision Warning (RCW), Rear Cross Traffic Alert (RCTA) dan Rear Cross Traffic braking (RCTB). Terdapat juga Secondary Collision Mitigation (SCM), Lane Change Assist (LCA), dan Emergency Lane Keeping (ELK).

Voice Command alias fitur perintah suara bisa mengoperasikan panggilan telepon, AC, ventilasi jok, musik dan radio, navigasi, mengetahui cuaca hingga panoramic Sunroof Window.

GWM di 42nd Bangkok Motor Show 2021 tampilkan brand Ora. (Foto: GWM)

 Ora Good Cat

Ora Good Cat dikemas sebagai kendaraan listrik dengan desain retro futuristik, lampu depan multi-LED yang cerdas, sunroof panoramik, velg alumunium 18 inci, dan platform GWM LEMON. ORA Good Cat mampu menempuh jarak berkendara hingga 500 kilometer per sekali pengisian baterai penuh dan dilengkapi dengan banyak sistem keselamatan cerdas termasuk Auto Emergency Braking + Intersection, Rear Collision Warning, Rear Cross Traffic Alert, Rear Cross Traffic Braking, dan Intelligent Connectivity and Command, termasuk perintah suara dan kontrol kendaraan jarak jauh.

Ora Black Cat adalah kendaraan listrik berukuran mini yang menawarkan jarak tempuh hingga 300 kilometer per sekali pengisian penuh baterai. Ora Black Cat terkenal karena desain eksteriornya yang memukau dengan warna dua nada dan lampu depan dan belakangnya dirancang dalam bentuk bulat. 

Desain interiornya menggabungkan desain nostalgia klasik dan futuristik secara bersamaan. Meski berukuran mini, kabinnya luas untuk kenyamanan tempat duduk dan ruang kargo besar yang secara fleksibel menyesuaikan kebutuhan penumpangnya. 

Fitur kenyamanan termasuk layar multimedia 9 inci, sistem perintah suara, setir multifungsi, dan berbagai sistem bantuan pengemudi termasuk Cruise Control dan sistem keselamatan lainnya serta enam kantung udara.

Tank 300 lansiran GWM mampu merebut hari para petualang. (Foto: Tank)

Tank 300 dan Tank 500

Tank merupakan brand SUV premium yang terbilang baru dari turunan Great Wall Motor, diperkenalkan sekitar April 2021 bertepatan dengan Shanghai Motor Show. Menyasar segmen hobi atau memang mencari kendaraan pekerja untuk di pertambangan atau perkebunan, sehingga perpaduannya seperti mengajak kompetisi brand Jeep Wrangler, Ford Bronco hingga Toyota Land Cruiser.

Lawan yang cukup berat ditetapkan oleh Tank menghadapi produk yang sudah terbukti lewati beberapa generasi. bermodalkan mesin 2.0 GDIT dan 3.0 GDIT turbo dengan rentang tenaga 350 hp dan torsi 500 Nm. Transmisi otomatisnya jelas andal berkat andalkan lansiran ZF 8AT.

Panel instrumen besar 12,3 inci, secara real-time  menunjukkan altitude, air pressure, permukaan jalan, body roll angle, wheel steering, cuaca dan tekanan angin ban.

Pilihan Editor: Produsen Smartphone Xiaomi Akan Membuat Mobil Listrik

Ingin berdiskusi dengan redaksi mengenai artikel di atas? Mari bergabung di grup Telegram GoOto.

Iklan

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi