125 Bengkel Konversi Siap Ubah 150.000 Unit Jadi Motor Listrik pada 2024
Reporter: Gooto.com
Editor: Kusnadi Chahyono
Jumat, 9 Juni 2023 16:19 WIB
Konversi Motor Listrik (Foto: Tempo/Kusnadi)
Iklan
Iklan

GOOTO.COM, JakartaKonversi motor listrik pada tahun 2024 diharapkan dapat terpenuhi hingga 150.000 unit dan masyarakat yang ingin melakukan perubahan power unit dengan motor listrik bisa memilih 125 bengkel di seluruh Indonesia.

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Kebijakan dan dukungan pemerintah pusat sudah diterbitkan melalui Peraturan Menteri Perhubungan No.65 tahun 2020 tentang konversi Sepeda Motor dengan Penggerak Motor Bakar menjadi Sepeda Motor Listrik Berbasis Baterai.

Dukungan terhadap konversi motor listrik juga didukung melalui Peraturan Menteri Energi Sumber Daya Mineral Nomor 3 tahun 2023. Tentang Pedoman Umum Bantuan Pemerintah dalam Program Konversi Sepeda Motor dengan Penggerak Motor Bakar menjadi Sepeda Motor Listrik Berbasis Baterai.

Saat ini masih baru ada 24 bengkel konversi yang tersertifikasi hingga 5 Juni ini,” ujar Senda Hurmuzan Kanam, Kepala Balai Survei dan Pengujian Ketenagalistrikan dan EBTKE Kementerian ESDM di Jakarta, Rabu, 7 Juni 2023.

Konversi Motor Listrik mendapat subsidi hingga 7 juta rupiah. (Foto: Tempo/Kusnadi)

Dirinya menjelaskan bahwa masyarakat kini dimudahkan melalui adanya subsidi sebesar 7 juta kepada para peminat konversi motor listrik. “Satu kit konversi motor listrik biayanya sebesar Rp 17 juta, paling mahal di komponen ini adalah baterai. Jadi, peminat hanya cukup membayar sekitar 10 juta, sudah terima bersih motor lamanya akan diurus di pihak Kepolisian oleh bengkel yang ditunjuk,” kata Senda Hurmuzan Kanam.

Komponen utama motor listrik yang ditebus paling mahal, adalah Brushless DC electric motor (BLDC), kemudian Electronic Control Unit, dan baterai lithium ion NMC. Ada 20 komponen lebih yang akan dipasangkan di motor untuk dikonversi menjadi motor listrik dijelaskan Senda Hurmuzan Kanam.

Perihal mesin bakar bawaan motor akan dikumpulkan oleh bengkelnya untuk didaur ulang dan menjadi bagian kit konversi motor. 

Pilihan Editor: Bengkel Konversi Kendaraan Listrik di Jember Difasilitasi Kemenhub

Ingin berdiskusi dengan redaksi mengenai artikel di atas? Mari bergabung di grup Telegram GoOto.

Iklan

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi