Toyota Indonesia Siap Produksi Mobil Hybrid Murah
Reporter: Erwan Hartawan
Editor: Kusnadi Chahyono
Kamis, 15 Juni 2023 13:48 WIB
Toyota Indonesia memulai ekspor SUV All New Yaris Cross buatan Karawang, Selasa, 13 Juli 2023. TEMPO/Erwan Hartawan
Iklan
Iklan

GOOTO.COM, Jakarta - Toyota Indonesia telah memproduksi dua mobil hybrid di Tanah Air. Dua model itu adalah Toyota Kijang Innova Hybrid dan All New Yaris Cross, yang juga akan diekspor ke 25 negara di Asia dan Amerika Latin.

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Meski diproduksi di Indonesia, kendaraan tersebut masih masuk ke dalam segmen B dengan rentang harga Rp 400 juta.

Yaris Cross memiliki tingkat kandungan dalam negeri (TKDN) 80 persen karena pengembangan dan produksi mesin hybrid 1.500 cc-nya sudah dilakukan di PT Toyota Motor Manufacturing Indonesia (TMMIN).

Usai Yaris Cross Hybrid, Toyota bersiap untuk memproduksi mobil hybrid yang punya segmen lebih murah. Hal tersebut disampaikan langsung oleh Direktur Hubungan Eksternal TMMIN Bob Azam.

"Begini, yang perlu kita cermati dengan adanya Yaris Cross Hybrid ini ialah kita mulai masuk ke segmen middle. Selama ini kan segmen mewah," kata dia saat dijumpai di Karawang pada Selasa 13 Juni 2023.

Bob berharap ke depannya Toyota Indonesia bisa menjangkau pasar yang lebih rendah meski dengan teknologi yang baik.

"Nah ini mulai masuk ke middle, terus kami berharap bisa mencapai semua segmen dan dengan cara itu konsumen-konsumen yang ada di middle low bisa menikmati insentif, jadi jangan orang kaya saja yang dapat insentif," lanjutnya.

Sayangnya, Bob belum mau berbicara lebih jauh soal mobil yang akan diproduksi oleh Toyota Indonesia tersebut. Namun dipastikan pengembangan atas mobil elektrifikasi yang lebih murah akan terus dilakukan.

Ke depannya diharapkan seluruh lapisan masyarakat bisa berkontribusi terhadap pengurangan emisi melalui penggunaan kendaraan listrik, sesuai visi perseroan yaitu multi-pathways.

"Kita harap semua masyarakat bisa ikut mengurangi emisi. Karena emisinya itu (Yaris Cross) rendah, 78 gram co2/km. Kalau dikonversi konsumsi BBM, bisa sampai 1:30. Kalau diterapkan di semua, akan banyak BBM yang bisa dihemat, dan emisi yang bisa diturunkan," jelas Bob.

Pilihan Editor: Toyota Yaris Cross Ungkap Harga Lengkap

Ingin berdiskusi dengan redaksi mengenai artikel di atas? Mari bergabung di grup Telegram GoOto.

Iklan

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi