Toyota xEV Ditargetkan Jadi Pusat Inovasi Kendaraan Elektrifikasi di Indonesia
Reporter: Erwan Hartawan
Editor: Kusnadi Chahyono
Jumat, 31 Mei 2024 16:00 WIB
PT Toyota Astra Motor (TAM) mendukung upaya Pemerintah Indonesia dalam mencapai target Net Zero Emissions 2060 dengan menyediakan kendaraan elektrifikasi (xEV) jenis Battery Electric Vehicle (BEV). (Foto: Toyota)
Iklan
Iklan

GOOTO.COM, Jakarta - Perkembangan kendaraan elektrifikasi hadir begitu cepat di pasar otomotif Indonesia, hal tersebut turut menjadi lomba pemasaran bagi jajaran kendaraan elektrifikasi dari banyak merek otomotif yang hadir di Tanah Air.

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Meski turut bersaing dengan banyak merek, Toyota sebagai salah satu produsen besar tak hanya menghadirkan teknologi hingga infrastruktur yang telah dilakukan, namun menghadirkan inovasi lain. 

Toyota secara khusus menghadirkan Toyota xEV Center, yang melibatkan triple helix dari industri otomotif, pemerintah hingga akademisi. Lokasi pertama yakni di kawasan pabrik TMMIN Karawang 3 dengan luas area 600 meter persegi.

Di lokasi ini, Toyota xEV hadir memberikan edukasi terhadap masyarakat umum hingga berbagai kalangan terkait teknologi hingga persiapan industri otomotif khususnya Toyota dalam menyongsong era elektrifikasi. 

Terdapat empat pilar edukasi pada Toyota xEV Center sebagai pusat informasi elektrifikasi dan fasilitas lain yang berkaitan dengan teknologi HEV, PHEV, BEV showcase dan driving experience, xEV cut body, xEV main component (Battery, power control unit (PCU), tarnsaxle), outdoor charging station. 

Seluruh informasi terkait teknologi elektrifikasi tersebut bisa didapatkan dengan mudah, dengan pembagian zona. Di mana zona pertama terkait inisiatif lingkungan yang membahas terkait rodmap energy di Indonesia untuk mewujudkan lingkungan hijau di Indonesia. 

Zona berikutnya, terkait klasifikasi kendaraan ICE dan xEV yang menjelaskan teknologi terkait mobil elektrifikasi seperti cut bodi Prius dan Mirai. Detail penjelasan komponen juga dapat diakses melalui teknologi masa kini yaitu menggunakan Virtual Reality dan Augmented Reality.

Sedangkan zona tiga terkait ekosistem hijau, soal well to wheel emision. Tipe-tipe charging, perlengkapan electricity yang terdapat pada ekosistem hijau. 

Masyarakat berkelanjutan terdapat pada zona 4 menjadi kegiatan Toyota Indonesia bersama Pemerintah dan Akademisi dalam mewujudkan transformasi menuju era elektrifikasi.

Pada zona tersebut, ringkasan inisiatif kerjasama Toyota Indonesia sejak tahun 2018 bersama sejumlah Universitas di Indonesia (UI, LPEM UI, ITB, UGM, UNS, ITS, Universitas Udayana, dan Universitas Diponegoro yang menghasilkan sejumlah penelitian yang bermanfaat di bidang elektrifikasi.

Secara keseluruhan kehadiran Toyota xEV Center bertujuan untuk meningkatkan kesadaran masyarakat akan pentingnya mencapai lingkungan yang lebih hijau melalui kehadiran berbagai teknologi elektrifikasi di Indonesia.

Pilihan Editor: Komitmen Transisi Energi Indonesia-Jepang Lewat Pabrik Mobil Toyota, Mitsubishi Hingga Honda

Ingin berdiskusi dengan redaksi mengenai artikel di atas? Mari bergabung di grup Telegram pilih grup GoOto

Iklan

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi