Toyota Indonesia Tunda Pengiriman Produk dari Daihatsu
Reporter: Gooto.com
Editor: Kusnadi Chahyono
Jumat, 22 Desember 2023 16:20 WIB
PT Toyota Astra Motor (TAM) meluncurkan All New Toyota Avanza pada 10 November 2021, tepat 1 hari sebelum pameran GIIAS 2021. Mobil sejuta umat ini diluncurkan bersamaan dengan All New Toyota Veloz yang kini sudah berpisah dari model Avanza. toyota.astra.co.id
Iklan
Iklan

GOOTO.COM, Jakarta - Toyota Indonesia memastikan bahwa produk-produk yang dikembangkan bersama Daihatsu akan dilakukan penangguhan sementara pengiriman beberapa model Toyota di Indonesia. Hal tersebut diungkapkan PT Toyota-Astra Motor (TAM) dan PT Toyota Motor Manufacturing Indonesia (TMMIN), Kamis, 21 Desember 2023.

Informasi lebih lanjut dari Toyota, penangguhan ini merupakan tindak lanjut penemuan beberapa prosedur yang tidak sesuai standar oleh Daihatsu Motor Co. Ltd yang diumumkan tanggal 28 April 2023 lalu. Di mana komite independen dibentuk untuk melakukan pemeriksaan menyeluruh berbagai prosedur dalam perusahaan, yang mencakup total 64 model kendaraan yang saat ini sedang dikembangkan sebagai brand Daihatsu maupun untuk dipasarkan sebagai brand Toyota.

“Kami ingin mengonfirmasi bahwa saat ini, pelanggan yang menggunakan produk Toyota termasuk yang dikembangkan bersama dengan Daihatsu tidak perlu khawatir atau melakukan tindakan apa pun, dan dapat terus menggunakan kendaraan seperti biasa. Didasari bahwa seluruh kendaraan Toyota (termasuk yang dikembangkan bersama dengan Daihatsu) dijual di Indonesia telah memenuhi aturan dan proses homologasi yang berlaku,” ujar sumber dari Toyota.

Saat ini, sebagai bagian dari penangguhan pengiriman sementara tersebut, Toyota Indonesia telah berkoordinasi dengan Pemerintah Indonesia untuk menjelaskan fakta-fakta terkait kasus ini. Setelah berkonsultasi mengenai tindakan selanjutnya, diputuskan bahwa proses pengiriman kendaraan termasuk model-model yang dikembangkan bersama dengan Daihatsu oleh Toyota Indonesia sudah kembali normal dimulai pada 22 Desember 2023 untuk memenuhi kebutuhan pelanggan di Indonesia. Pemerintah Indonesia juga berharap ekspor yang terdampak dapat dilakukan kembali sesegera mungkin setelah ada konfirmasi dari otoritas terkait di negara tujuan ekspor.

Sekali lagi, Toyota Indonesia dengan tulus, ingin meminta maaf kepada seluruh pelanggan dan pemangku kepentingan di Indonesia terkait ketidaknyamanan dan kemungkinan kekhawatiran yang ditimbulkan oleh aktivitas ini.

Pilihan Editor: Daihatsu Hentikan Pengiriman Mobil Lagi, Toyota Minta Maaf

Ingin berdiskusi dengan redaksi mengenai artikel di atas? Mari bergabung di grup Telegram pilih grup GoOto

Iklan

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi