Toyota Punya 74 Titik Charging Station di Seluruh Indonesia
Reporter: Gooto.com
Editor: Kusnadi Chahyono
Rabu, 20 Desember 2023 09:26 WIB
SPKLU Toyota kini terdapat 74 titik di seluruh Indonesia. (Foto: Indonesia)
Iklan
Iklan

GOOTO.COM, JakartaToyota xEV Ecosystem terus diperluas PT Toyota-Astra Motor (TAM) untuk memenuhi ketenangan dalam kepemilikan mobil listrik di Indonesia. Sepekan kemarin sudah dua lokasi Ultra Fast Charging (UFC) DC berdaya 120 kW diresmikan.

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Adapun inisiatif dari Toyota Nasmoco Bantul, Yogyakarta dan Dunia Barusa, Aceh pada 15 Desember untuk menyediakan fasilitas pengisian baterai cepat.

TAM mengklaim bahwa secara total telah tersedia lebih dari 74 titik charging station yang tersebar di berbagai diler dan tempat umum di seluruh Indonesia. Angka ini ditargetkan akan terus bertambah hingga pada akhir 2024 akan tersedia di seluruh jaringan dealer Toyota di Indonesia.

Marketing Director PT Toyota-Astra Motor (TAM), Anton Jimmi Suwandy mengabarkan bahwa program ini sebagai salah satu bagian dari inisiatif IT’S TIME FOR EVERYONE, PT Toyota-Astra Motor (TAM) mendukung mobilitas BEV dan PHEV Toyota dengan menyediakan fasilitas charging station yang mudah diakses di diler resmi Toyota dan berbagai lokasi strategis lainnya.

Peresmian SPKLU di diler Toyota. (Foto: Toyota)

“Kehadiran Ultra Fast Charging (UFC) DC 120 kW di dealer Toyota Nasmoco Yogyakarta dan UFC DC 150 kW di dealer Dunia Barusa Aceh, diharapkan dapat mempermudah mobilitas pelanggan di daerah perkotaan dan meningkatkan jangkauan mobilitas BEV dan PHEV Toyota untuk perjalanan antar kota, khususnya di wilayah Yogyakarta dan Aceh yang memiliki banyak lokasi wisata,” ujar Anton Jimmi Suwandy.

Memberikan Total Mobility Solution, Toyota xEV Ecosystem dibangun untuk memberikan kemudahan kepada pelanggan yang melakukan servis kendaraan elektrifikasi dan pengisian ulang baterai BEV dan PHEV di bengkel resmi Toyota. Sampai bulan November 2023, tercatat sudah ada 74 dealer resmi Toyota di wilayah Sumatera, Jawa, Kalimantan, Bali, dan Nusa Tenggara Barat yang memiliki fasilitas charging spot. 

Toyota berupaya meningkatkan kemampuan pengisian charging station dealer Toyota dengan menghadirkan Ultra Fast Charging (UFC) berdaya DC 120 kW di dealer resmi Toyota Nasmoco Bantul, Yogyakarta, serta segera dioperasikan juga di Nasmoco Majapahit Semarang, Jawa Tengah, dan berdaya DC 150kW di Dunia Barusa Aceh. Fasilitas ini merupakan UFC pertama di dealer resmi Toyota dan juga sebagai UFC pertama di wilayah Daerah Istimewa Yogyakarta dan pulau Sumatera.

SPKLU di diler Toyota terdapat tiga pilihan charger mulai dari AC Type 2, CHAdeMo, dan CCS2. (Foto: Toyota)

Tersedia masing-masing 1 unit Ultra Fast Charging di kedua dealer yang dilengkapi 3 jenis gun charger tipe CCS2, CHAdeMO dan AC Type 2 (22 kW) yang dapat dimanfaatkan oleh pelanggan Toyota dan Lexus secara gratis. Peralatan isi ulang baterai BEV dan PHEV Toyota ini memiliki charging duration dari 0–80 persen antara 30–45 menit. Sebelumnya, Toyota telah mengoperasikan UFC dengan spesifikasi yang sama di ASHTA Mal SCBD, Jakarta Selatan dan Rest Area 695A Jombang Tol Trans Jawa. 

Toyota xEV Ecosystem akan terus dibangun untuk mendukung mobilitas pelanggan. Rencananya paling lambat pada tahun 2024, outlet Toyota di seluruh Indonesia telah memiliki charging spot bersama kehadiran unit UFC di beberapa outlet Toyota dan tempat-tempat strategis lainnya di pulau-pulau besar di Indonesia. Toyota akan membangun lebih banyak UFC 120 kW di beberapa mal kota besar termasuk Jakarta, bersama AC Charger yang disesuaikan dengan alokasi di mal tersebut. Untuk meningkatkan range BEV dan PHEV Toyota, akan ada tambahan unit UFC 120 kW bersama AC Charger 7 kW dan 22 kW di rest area lainnya.

“Sejalan visi Toyota Environmental Challenge 2050 dan Net Zero Emission 2060 Pemerintah Indonesia yang direfleksikan pada gerakan IT’S TIME FOR EVERYONE, Toyota akan terus menambah fasilitas charging station khususnya jenis Ultra Fast Charging Station (UFC) dengan keunggulan waktu pengisian sangat cepat, sehingga pelanggan BEV dan PHEV Toyota dapat bermobilitas tanpa perlu khawatir urusan pengisian ulang baterai. Selain berikan peace of mind kepada pelanggan, kami berharap dukungan ini dapat meningkatkan popularitas xEV Toyota dan mengajak lebih banyak masyarakat berpartisipasi dalam menekan emisi karbon lewat berbagai cara sesuai kemampuan pelanggan,” tutup Marketing Director PT Toyota Astra Motor (TAM), Fumitaka Kawashima.

Pilihan Editor: Mobil Listrik Komersial Toyota Proace Max, Pertama yang Terbesar

Ingin berdiskusi dengan redaksi mengenai artikel di atas? Mari bergabung di grup Telegram pilih grup GoOto

Iklan

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi