Baterai Lithium-Ion Suzuki XL7 Hybrid Digaransi 8 Tahun
Reporter: Erwan Hartawan
Editor: Kusnadi Chahyono
Selasa, 27 Juni 2023 20:07 WIB
Baterai Suzuki XL7 Hybrid berada di jok bagian bawah penumpang depan. (Foto: Tempo/Dimas Prassetyo)
Iklan
Iklan

GOOTO.COM, Jakarta - Suzuki Indonesia menawarkan lineup mobil jenis hybrid seperti New XL7 Hybrid, All New Ertiga Hybrid, dan Grand Vitara. Langkah tersebut guna mengimbangi peningkatan kepuasan dan ketenangan bagi pelanggan dalam memilih produk terelektrifikasi dari Suzuki.

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Terbaru, PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) menerbitkan kebijakan perpanjangan masa garansi Lithium-ion Battery pada setiap kendaraan hybrid Suzuki menjadi 8 tahun atau 160.000 kilometer.

Perpanjangan masa garansi ini sudah diterapkan sejak bulan Juni tahun 2023 dan berlaku baik untuk pelanggan baru maupun pelanggan yang sudah memiliki mobil hybrid Suzuki sebelum Juni 2023.

Lithium-ion Battery merupakan salah satu komponen yang utama untuk menunjang teknologi Smart Hybrid Vehicle by Suzuki (SHVS) yang saat ini disematkan pada New Suzuki XL7 Hybrid, All New Ertiga Hybrid, dan Grand Vitara Hybrid.

Fungsi dari baterai Lithium-ion adalah untuk menyimpan energi listrik yang dibutuhkan untuk membantu proses kerja beragam komponen elektrikal yang ada di mobil.

Secara global, Suzuki telah menerapkan penggunaan baterai Lithium-ion di beragam model mobil sejak tahun 2014 di Jepang dan kemudian diperluas hingga benua Eropa.

Hingga saat ini menurut data internal Suzuki Global, baterai Lithium-ion yang digunakan memiliki ketahanan yang panjang dan jarang mengalami malfungsi meski sudah dipakai lebih dari 8 tahun berjalan, selama pelanggan melakukan perawatan sesuai anjuran.

Dengan demikian, pengalaman Suzuki dalam penggunaan dan perawatan Lithium-ion Battery sudah cukup lama sebelum diterapkan di Indonesia dan beberapa negara lainnya melalui teknologi Smart Hybrid Vehicle by Suzuki (SHVS).

Pada awal peluncurannya di Indonesia, kebijakan garansi yang diberlakukan untuk produk Suzuki Indonesia adalah garansi selama 5 tahun, mengikuti kebijakan Suzuki Global. Namun, guna membuktikan keandalan dan komitmen secara lebih pada keamanan Lithium-ion Battery yang digunakan, Suzuki Indonesia memperpanjang garansi baterai Lithium-ion hingga 8 tahun untuk memberi keyakinan dan rasa aman yang lebih bagi pelanggan.

Hariadi, Asst. to Service Dept. Head PT SIS, mengatakan bahwa Suzuki memperpanjang masa garansi Lithium-Ion Battery hingga 8 tahun untuk menunjukkan komitmennya akan kualitas teknologi yang disematkan dalam setiap produk.

“Salah satu komponen penting untuk kendaraan hybrid ini adalah battery. Maka untuk meningkatkan kenyamanan dan keamanan bagi pelanggan, Suzuki memperpanjang masa garansi baterai Lithium-Ion hingga 8 tahun atau 160 ribu kilometer. Garansi ini tidak hanya untuk pelanggan yang membeli produk New Suzuki XL7 Hybrid , All New Ertiga Hybrid dan Grand Vitara Hybrid tetapi juga untuk pelanggan yang sejak tahun lalu sudah memiliki unit dengan teknologi SHVS," ucapnya

"Selain untuk kenyamanan dan keamanan berkendara, kami memberikan masa garansi ini juga sebagai wujud nyata komitmen Suzuki akan jaminan ketahanan Lithium-Ion Battery dan layanan after sales untuk pelanggan setia maupun calon pelanggan Suzuki,” sambungnya.

Selayaknya perawatan kendaraan harus dilakukan secara konsisten dan tepat waktu, pengguna kendaraan hybrid tidak perlu risau karena perawatan baterai Lithium-ion tidak jauh berbeda dengan perawatan kendaraan pada umumnya.

Suzuki menganjurkan konsumen untuk mengikuti jadwal perawatan rutin kendaraan hybrid-nya di bengkel resmi Suzuki Indonesia. Nantinya, teknisi profesional akan melakukan pengecekan secara berkala dan menyeluruh untuk memastikan kondisi baterai kendaraan.

Durasi pemakaian baterai ini juga bergantung pada seberapa besar beban kerjanya. Namun, yang harus diketahui adalah jika kerusakan yang diakibatkan kelalaian atau tidak melaksanakan perawatan berkala di Bengkel Resmi Suzuki selama masa garansi maka tidak dapat menggunakan jaminan yang telah diberikan.

Untuk menjaga ketahanan baterai Lithium-ion di kendaraan hybrid, pelanggan perlu memerhatikan petunjuk seperti berikut:

- Perbaikan; melepas atau memasang battery harus dilakukan di Diler/Bengkel Resmi Suzuki- Penanganan baterai atau komponen kelistrikan yang tidak tepat dapat menyebabkan cedera- Jangan melewati banjir/genangan air yang menyebabkan baterai terendam atau hindarkan baterai dari air- Jangan mencuci baterai dengan airJangan mengoperasikan battery pada temperatur di bawah -20’C- Jangan terpapar pada suhu di atas 140’C- Jauhkan dari jangkauan anak-anak- Jangan dibuang bersama dengan sampah rumah tangga umumnya.

Pilihan Editor: Suzuki Tawarkan Banyak Program Menarik di Jakarta Fair 2023

Ingin berdiskusi dengan redaksi mengenai artikel di atas? Mari bergabung di grup Telegram GoOto.

Iklan

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi