Skuter Lambretta ikonik 'The Modfather' Paul Weller Dilelang
Reporter: Gooto.com
Editor: Kusnadi Chahyono
Sabtu, 1 Juli 2023 06:47 WIB
Lambretta SX200 milik 'The Modfather' Paul Weller akan dilelang muali dari Rp 300 jutaan. (Foto: H&H Classics)
Iklan
Iklan

GOOTO.COM, JakartaSkuter Lambretta ikonik yang pernah dimiliki oleh 'The Modfather' Paul Weller dikabarkan berada di balai lelang H&H Classics di National Motorcycle Museum di Solihull. Mantan Style Council dan pentolan The Jam membeli Lambretta SX200 tahun 1968 pada tahun 1991 saat dia mengerjakan album solo keduanya, Wild Wood.

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Paul Weller mengklaim bahwa dirinya tak pernah menjual motor berkelir putih ini. Justru membubuhkan tandatangan dan mendonasikannya ke Teenage Cancer Trust yang kemudian dilelang Royal Albert Hill pada tahun 2002. Motor dimenangkan oleh penggemarnya dan disimpan lebih dari 20 tahun.

'Weller Lambretta', yang diperkirakan terjual antara £19.000 dan £21.000 atau setara Rp 362 juta - Rp 400 jutaan. (Foto: Lelang H&H Classics)

Paul Diamond, scooter specialist di balai lelang H&H Classics mengatakan, “Sejak tahun 1960’an, Lambretta menjadi simbol pergerakan Mod. Memiliki salah satunya menjadi salah satu pergerakan musisi ini. Berada di album dan video musik menunjukkan bahwa scooter sejiwa dengan Paul Weller.”

Lambretta SX200 tidak hanya dianggap sebagai yang terbaik yang diproduksi oleh perusahaan Italia buatan Innocenti, tetapi mungkin skuter terbaik yang pernah dibuat. Dapat dipahami Lambretta SX200 ini adalah satu-satunya skuter yang dibeli Paul Weller dengan uangnya sendiri sebagai musisi terkenal. 

Diperkirakan Weller awalnya mencoba membeli yang lain yang sudah terjual, tetapi melihat ini di The Scooter Shop di kampung halamannya di Woking saat sedang disiapkan untuk dijual, dirinya malah membelinya.

Lambretta SX200 tidak hanya dianggap sebagai yang terbaik yang diproduksi oleh perusahaan Italia buatan Innocenti. (Foto: H&H Classics)

'Weller Lambretta', yang diperkirakan terjual antara £19.000 dan £21.000 atau setara Rp 362 juta - Rp 400 jutaan , adalah contoh produksi terbaru pada saat itu, dan pertama kali didaftarkan di Inggris pada 9 Juli 1968.

Lambretta SX200 telah mengalami beberapa upgrade yang berguna, menggunakan konversi listrik 12 volt dan tangki bahan bakar jarak jauh, sementara karburator Dellorto yang lebih besar dan knalpot lubang besar telah dipasang untuk membantu performanya.

Skuter tersebut akan dijual dengan serangkaian memorabilia yang menggarisbawahi asalnya, termasuk foto Paul di luar The Scooter Shop dan buku catatan V5 yang menunjukkan nama aslinya dan tanggal pembelian.

Pilihan Editor: Pemesanan Lambretta Dipercepat, Begini Caranya

Ingin berdiskusi dengan redaksi mengenai artikel di atas? Mari bergabung di grup Telegram GoOto.

Iklan

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi