Mendaki Bukit Buatan
Reporter: Tempo.co
Editor: Tempo.co
Senin, 4 Mei 2009 22:13 WIB
ML 350 Incenio yang mampu naik gunung buatan setinggi 4 meter dengan kemiringan 40 derajat pada Mercedes-Benz Driving Experience (MBDE) 2009. (TEMPO/Raju Febrian)
TEMPO Interaktif, Jakarta: Mercedes Benz Indonesia menyiapkan benar kegiatan Mercedes-Benz Driving Experience (MBDE) 2009 kali ini. Pengetesan terakhir kami adalah medan offroad buatan dengan menggunakan SUV M-Class, tepatnya ML 350 Incenio. Ada tiga wahana yang harus kami lalui.

Pertama kami menaiki wahana piramida berbentuk anak tangga guna mencoba kedinamisan suspensi ML 350. Wahana kedua lumayan bikin deg-degan karena kami harus melewati wahana jungkat jungkit berupa jalan dengan kemiringan 360 derajat untuk mencoba fitur traction control.

Nah, yang terakhir adalah wahana ram. Awalnya Tempo agak nggak yakin karena wahana ini berbentuk bukit setinggi empat meter dengan kemiringan hampir 40 derajat. Ketika giliran Tempo mobil sempat terhenti di bagian menanjak. Tempo tak bisa melihat jalan di depan dan hanya bisa melihat langit dari bonet ML yang mendongak.

Tapi ternyata mobil bermesin 3.498 cc ini punya tenaga luar biasa. Setelah rem dilepas dan kaki menginjak pedal gas, mobil kembali merabat naik. Dengan tenaga 272 hp dan torsi 350 Nm pada rpm 2.400-5.000, ML mendaki dengan mudah. Setelah itu mobil dibawa turun dengan kecuraman yang sama. Gunanya mencoba fitur uphill mode, 4ESP, 4ETS (electronic traction system) for all-wheel drive, downhill speed regulation, dan braking system.

Lalu apa istimewanya? "Semua dalam kondisi ML 350 ini dalam keadaan standar termasuk ban," kata Dhani M. Yahya, Product Management and Sales Training Manager PT MBI.

RAJU FEBRIAN

#Otomotif
#NII

 

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi