Gandeng Indomobil, VW Rakit Mobil di Indonesia
Reporter: Tempo.co
Editor: Tempo.co
Senin, 11 Mei 2009 22:44 WIB

TEMPO Interaktif, Jakarta: Langkah penetrasi dilakukan Volkswagen AG dengan menggandeng Indomobil Group guna merakit produk-produknya di Indonesia. Rencananya, produksi pertama akan dilakukan tahun ini, dengan Touran sebagai model awal.

Pabrikan asal Jerman itu berniat mengembangkan pasarnya di kawasan Asia Tenggara sebagai bagian dari strategi pertumbuhan yang akan dicapai di tahun 2018. Bekerjasama dengan mitra perusahaan Indonesia yaitu Indomobil Group, sebuah pabrik perakitan lokal akan didirikan sebagai langkah awal dari pengembangan pasar ASEAN untuk jangka panjang.

Kesepakatan atas perakitan model-model Volkswagen yang akan dilakukan di Jakarta telah ditandatangani oleh keduabelah pihak di Jerman, minggu lalu.

“Kecenderungan pasar dunia saat ini jelas menunjukkan betapa pentingnya pengembangan pasar secara berkelanjutan terhadap kawasan berkembang,” komentar Christian Klingler, anggota Dewan Manajemen Mobil Penumpang Volkswagen yang bertanggung jawab pada penjualan, pemasaran, dan layanan purna jual.

“Satu-satunya cara untuk menyelamatkan pertumbuhan global dan mengamankan jumlah ke-tenagakerjaan adalah fokus pada pasar di masa mendatang," tambah Klingler.

Produksi pertama kendaraan Volkswagen akan dilaksanakan pada tahun ini. Pada pertengahan tahun 2009, Volkswagen Touran, jenis kendaraan MPV, akan diproduksi dalam beberapa ratus unit dan secara bertahap jumlah produksi akan terus ditingkatkan.

Rencananya, selain Volkswagen, merek-merek lain yang tergabung dalam Volkswagen Group seperti Skoda, Audi dan Volkswagen Commercial juga akan diproduksi di sini.

RAJU FEBRIAN

#Otomotif
#Otoritas Jasa Keuangan

 

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi