Nissan Mulai Produksi Mobil Listrik 2010
Reporter: Tempo.co
Editor: Tempo.co
Selasa, 12 Mei 2009 22:34 WIB

TEMPO Interaktif, Jakarta: Nissan Motor Co., Ltd. secara resmi mengumumkan akan memproduksi mobil listrik (EV) di pabrik mereka di Oppama Plant, Natsushima-cho, Yokosuka City, Kanagawa, mulai akhir tahun 2010.

Dalam siaran pers PT Nissan Motor Indonesia (NMI) disebutkan pabrik di Oppama Plant ini akan menjadi basis produksi EV. Rencana pada 2010 nanti, pabrik ini akan memperoduksi sebanyak 50 ribu unit EV per tahun yang akan terus meningkat sampai produksi masal yang dilakukan pada 2012.

Motors dan inverters, yang menjadi komponen utama EV, akan diproduksi di Yokohama Plant, Takara-cho, Kanagawa-ku, Yokohama City, Kanagawa. Saat ini kedua komponen itu dibuat di Zama Operations Center, Hironodai, Zama City, Kanagawa. Selain itu, Automotive Energy Supply Corporation (AESC), yang menjadi bagian Nissan, akan memproduksi baterai laminated-type compact lithium-ion khusus yang digunakan EV.

EV yang bekerja sama Nissan dengan Renault bisa mengangkut lima penumpang. Kendaraan berbentuk kotak ini ternyata mampu menempuh jarak 100 mil (sekitar 160 kilometer) untuk sekali mengisi baterai. 

Untuk pengembangan nantinya, Nissan berniat memproduksi EV di beberapa negara lain di luar Jepang.

RAJU FEBRIAN

#Otomotif
#Negara Islam Indonesia | NII

 

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi