Mitsubishi Fuso Belum Buka Modifikasi Truk Diesel Euro 2 ke Euro 4
Reporter: Erwan Hartawan
Editor: Kusnadi Chahyono
Rabu, 30 Agustus 2023 13:26 WIB
Diklaim bahwa produk Mitsubishi Fuso mendapat respon positif dari konsumen GIIAS 2023 sehingga berhasil meraih pemesanan kendaraan lebih tepatnya sebanyak 1.592-unit. Terbagi menjadi Canter sejumlah 1.222-unit dan Fighter-X mencapai 370 unit. (Foto: Mitsubishi)
Iklan
Iklan

GOOTO.COM, Jakarta - Distributor Mitsubishi Fuso, PT Krama Yudha Tiga Berlian Motors (KTB) belum membuka paket modifikasi mesin diesel truk lama Euro 2 menjadi sesuai standar emisi gas buang Euro 4 yang berlaku saat ini.

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Vice President of Sales and Marketing KTB, Aji Jaya menyebut kegiatan tersebut terlalu sulit untuk diimplementasikan.

"Effort-nya tentu sangat luar biasa karena teknologinya juga sangat berbeda," katanya saat ditemui di di Cikupa, Senin, 28 Agustus 2023.

Selain itu, Aji Jaya mengatakan hingga saat ini belum ada permintaan dari konsumen terhadap layanan modifikasi mesin demi mengubah standar emisi Euro tersebut.

Sampai sekarang di Mitsubishi, kami belum ada permintaan dari customer, terkait perubahan dari Euro 2 ke Euro 4. Dan pokoknya effort-nya sangat luar biasa karena secara teknologi jadi sangat sulit ya," kata Aji Jaya.

Apalagi menurut Aji Jaya saat ini belum ada larangan pemerintah terkait pelarangan Euro 2 di Indonesia

"Jadi selama pemerintah masih membolehkan itu bisa beroperasi ya konsumen masih beroperasi menggunakan Euro 2. Artinya selama tidak ada batasan usia kendaraan, selama tidak ada batasan mengenai teknologi yang digunakan ya artinya semaksimal mungkin masih digunakan oleh konsumen kita," lanjut Aji Jaya.

Sebagai informasi, Indonesia saat ini mengadaptasi tingkat standar emisi Euro yang diterapkan bervariasi, mulai dari mobil bensin memakai standar Euro 4 sejak 2018, dan mobil diesel termasuk kendaraan komersial sejak 2022. Penerapan pada kendaraan diesel ini tertunda satu tahun akibat pandemi Covid-19.

Pilihan Editor: Cabin and Chassis Repair Kini ada untuk Mitsubishi Fuso

Ingin berdiskusi dengan redaksi mengenai artikel di atas? Mari bergabung di grup Telegram GoOto.

Iklan

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi