Ford Ranger Baru Lebih Manis Meski Tetap Berotot
Reporter: Tempo.co
Editor: Tempo.co
Sabtu, 16 Mei 2009 10:26 WIB

TEMPO Interaktif, Sukabumi: Ford Motor Indonesia memperkenalkan wajah baru Ford Ranger, yang penampilannya tidak hanya berotot, tapi juga menjadi sedikit lebih manis. Diharapkan tampang baru ini bisa menggenjot penjualan Ranger di pasar pembeli perseorangan.

Perkenalan wajah baru ini dilakukan kepada para wartawan selama dua hari di Sukabumi hingga Jumat (15/5). "Dengan perubahan pada eksterior, kendaraan ini kini lebih banyak lekukan," kata Presiden Direktur Ford Motor Indonesia, Will Angove.

Dibanding Ford Ranger lama yang selain berotor tampak kaku, New Ford Ranger ini memang sedikit lebih manis meski masih tetap berotot. Lampu depan yang semula kotak, misalnya, berubah sedikit lengkung bersudut lancip.

Garis dari grille penutup radiator yang semula lurus ke bawah sampai berada di samping lampu kabut, yang tipe sekarang lebih berbeda. Antara bagian bawah dan grille ada sudut sehingga tidak lurus begitu saja.

Angove berharap perubahan ini bisa membuat Ford Ranger bisa masuk ke pasar pembeli perseorangan. Saat ini, nyaris seluruh Ford Ranger dibeli oleh perusahaan-perusahaan sebagai kendaraan operasional di hutan-hutan.

Biasanya, perusahaan ini membeli dalam jumlah banyak, misalnya 20 buah sekaligus. Dalam jargon pemasaran, kategori ini disebut pasar fleet alias armada.  Sedang di pasar perseorangan--alias pasar retail--di Indonesia, Ford Ranger tidak sebagus pasar perusahaan.

Perubahan ini, menurut Angove, sudah membuat para dealer cukup gembira. Mereka berharap bisa menggenjot penjualan di pasar pembeli perseorangan dengan penampilan  yang lebih manis ini.

"Kalau pasar fleet, (Ford Ranger) sudah oke," kata Angove menirukan ucapan para dealer saat para pemilik toko Ford se-Indonesia diperkenalkan dengan mobil baru ini.

Ford sangat serius menjual Ranger--yang dirakit di Thailand--karena produk ini andalan mereka di Indonesia. Selama triwulan pertama tahun ini, misalnya, Ranger menjadi produk terlaris mereka dengan penjualan mencapai 839 buah. Baru di posisi kedua, Ford Everest yang jumlahnya kurang dari separuhnya, 364 buah.

Saat bulan diluncurkan mendatang, Ford menawarkan sembilan tipe. Mulai dari jenis kabin tunggal dengan gardan tunggal sampai kabin ganda, bergardan ganda, lengkap dengan transmisi otomatis. Begitu pula mesinnya, ada yang hanya diesel 2.500 cc tapi juga ada yang 3.000 cc.

New Ford Ranger--begitu Ranger baru ini dipanggil--bakal mulai dipasarkan bulan mendatang. Harganya masih ditentukan. Sebagai perbandingan saja, untuk Ford Ranger lama, harga di Jakarta dilepas dari Rp 141 juta sampai Rp 327 juta.NURKHOIRI

#Otomotif

 

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi