Pirelli Sudah Siapkan Ban Kompetitif untuk F1 Italia 2023
Reporter: Gooto.com
Editor: Kusnadi Chahyono
Jumat, 1 September 2023 09:29 WIB
Max Verstappen penggantian ban Pirelli. (Foto: Red Bull Racing)
Iklan
Iklan

GOOTO.COM, JakartaPemasok ban tunggal untuk Formula 1 yakni Pirelli memastikan sudah menyiapkan ban khusus untuk hadapi F1 Italia 2023, di gelar di sirkuit Monza, Italia, 3 September.

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Monza akan menjadi kali kedua uji coba Alternative Tyre Allocation (ATA) yang menggunakan dua set ban lebih sedikit dibandingkan format standar.

“Seperti biasa, musim Formula 1 Eropa akan berakhir di Monza: yang juga merupakan rumah bagi Pirelli karena kantor pusat kami hanya berjarak beberapa kilometer dari sirkuit ikonik ini,” ujar Mario Isola selaku Pirelli Head of Motorsport. 

Mario Isola menambahkan, “Monza identik dengan kecepatan, seperti yang ditunjukkan melalui julukannya ‘Temple of Speed’. Hingga hari ini, balapan tercepat dalam sejarah Formula 1 diadakan di sana, dengan Michael Schumacher mencatatkan kecepatan balapan rata-rata tak terkalahkan sebesar 247,585 kpj pada tahun 2003.

“Hasilnya, tim menggunakan tingkat downforce aerodinamis serendah mungkin untuk mendukung kecepatan tertinggi dengan mengurangi hambatan. Stabilitas saat pengereman dan traksi yang keluar dari dua tikungan adalah dua faktor utama yang paling menantang ban di trek ini, serta beban lateral yang diberikan di tikungan cepat seperti Parabolica (dinamai dari Michele Alboreto) dan Curva Grande,” jelas Mario Isola.

Pirelli siapkan ban untuk F1 Italia 2023. (Sumber: Pirelli)

Mario Isola menegaskan bahwa setelah di Hongaria, Monza menjadi kali kedua menerapkan percobaan Alternative Tyre Allocation (ATA) gunakan ban Pirellli. Pada sesi Q1 menggunakan kompon Hard, pada Q2 gunakan Medium, dan pada Q3 memakai kompon Soft.

“Ini memberikan keuntungan dalam menekan CO2 saat produksi dan juga pengiriman, sekaligus membuat tim dan pembalap menerapkan strategi lebih menantang. Dengan alasan inilah kita sodorkan pilihan kompon lunak untuk Monza yakni C3, C4, dan C5 - ban yang telah jadi andalan lima kali pada musim ini,” yakin Mario Isola.

Untuk Grand Prix Italia, C3 akan digunakan sebagai P Zero White berkompon keras, C4 sebagai P Zero Yellow kompon Medium, dan C5 sebagai P Zero Red kompon Soft. Ini adalah kompon paling lembut di jajaran Pirelli Formula 1, yang telah dinominasikan untuk lima balapan akhir pekan lainnya sejauh musim ini.

Pirelli akan tetap berada di Monza setelah F1 Italia selama beberapa hari melakukan pengujian bersama tim Alpine dan Red Bull Racing. Tim akan turun ke trek pada hari Selasa dan Rabu setelah balapan (5-6 September) untuk menguji prototipe ban slick.

Pilihan Editor: Jelang F1 Kanada 2023: Pirelli Siapkan Ban Khusus di Sirkuit Montreal

Ingin berdiskusi dengan redaksi mengenai artikel di atas? Mari bergabung di grup Telegram GoOto.

Iklan

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi