Jelang F1 Kanada 2023: Pirelli Siapkan Ban Khusus di Sirkuit Montreal
Reporter: Gooto.com
Editor: Kusnadi Chahyono
Selasa, 13 Juni 2023 09:00 WIB
F1 Kanada 2022, Max Verstappen podium kemenangan. (Foto: Red Bull)
Iklan
Iklan

GOOTO.COM, JakartaPenghujung pekan ini balap jet darat akan kembali lagi di sirkuit Montreal, F1 Kanada 2023, pada 16-18 Juni. Sirkuit yang sangat menantang pembalap dengan berbagai kesempatan untuk saling ambil alih posisi.

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Produsen ban yang bermain tunggal di Formula 1 yakni Pirelli telah menyiapkan ban untuk 20 pembalap di lintasan sepanjang 4.361 meter. Catatan waktu masih dipegang Valtteri Bottas tahun 2019, 1:13,078 detik.

“Seperti yang sering terjadi pada jenis sirkuit ini, kami menghadirkan tiga ban terlembut di jajarannya - C3, C4, dan C5 - seperti tahun lalu. Kami berharap C5 akan digunakan terutama untuk kualifikasi, sedangkan C4 dan C3 akan diunggulkan untuk balapan,” ujar Mario Isola Motorsport Director Pirelli.

Mario Isola menambahkan bahwa aspalnya cukup mulus dengan sirkuit jalanan semi permanen yang tidak banyak digunakan, artinya cenderung melihat tingkat evolusi trek yang tinggi selama akhir pekan. Di trek tanpa tikungan kecepatan tinggi, faktor kuncinya adalah traksi yang keluar dari tikungan lambat, stabilitas saat pengereman, dan kelincahan saat mengubah arah. 

“Elemen penting lain yang perlu dipertimbangkan adalah cuaca. Kondisi dapat berubah dengan cepat, tidak hanya dari basah ke kering, tetapi juga dengan fluktuasi suhu yang mencolok. Suhu aspal saat kualifikasi tahun lalu 17 derajat, sedangkan saat balapan mencapai 40 derajat,” ujar Mario Isola.

Lintasan sepanjang 4.361 meter akan dikelilingi sebanyak 70 lap. Setiap lap memiliki kombinasi enam tikungan ke kiri dan delapan ke kanan, lintasan lurus sebanyak tiga kali. 

Kompon ban lunak Pirelli biasanya hanya terlihat di kualifikasi, seperti yang terjadi tahun lalu ketika hanya kompon medium dan keras yang digunakan dalam balapan. Strategi yang disukai oleh sebagian besar pembalap adalah strategi dua kali pit-stop, tetapi beberapa memilih strategi satu pit-stop dengan awal balapan yang sangat panjang; terutama bagi pembalap yang start dari belakang.

Berdasarkan data tahun lalu, rata-rata waktu yang dibutuhkan untuk pitstop adalah 18,5 detik, meski pitlane lebih dari 400 meter. Pembalap yang masuk pit memotong tikungan terakhir dan melewati tikungan pertama, dengan pintu keluar pit sudah berada di tikungan 2.

F1 Kanada 2022 yang berada di podium kemenangan adalah Max Verstappen menyelesaikan 1:36:21,757 detik, ditempel oleh Carlos Sainz Jr terpaut 0,993 detik, kemudian posisi tiga ditempati Lewis Hamilton tertinggal hingga 7,006 detik. 

Pilihan Editor: F1 Spanyol 2023: Lewis Hamilton dan George Russell Naik Podium

Ingin berdiskusi dengan redaksi mengenai artikel di atas? Mari bergabung di grup Telegram GoOto.

Iklan

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi