3.394 Personel TNI-Polri Siap Amankan MotoGP Mandalika 2023
Reporter: Erwan Hartawan
Editor: Kusnadi Chahyono
Rabu, 20 September 2023 13:00 WIB
Gegana Sat Brimob Polda NTB menggelar simulasi evakuasi penonton World Superbike (WSBK) dari ancaman aksi terorisme di Sirkuit Mandalika, Senin, 27 Februari 2023. (FOTO: MGPA)
Iklan
Iklan

GOOTO.COM, Jakarta - Sebanyak 3.394 personel gabungan anggota TNI-Polri siap diterjunkan untuk mengamankan balap MotoGP Mandalika seri ke-16 yang akan digelar di Sirkuit Mandalika, Nusa Tenggara Barat pada 13-15 Oktober mendatang.

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

"Jadi, 3.394 personel gabungan ini ada dari TNI 175 personel, sisanya dari kepolisian," kata Kepala Bidang Humas Polda NTB Kombes Pol. Arman Asmara Syarifuddin dikutip dari Antara, Rabu, 20 September 2023.

Arman Asmara Syarifuddin menambahkan pihak kepolisian yang dilibatkan dalam pengamanan, akan berasal dari jajaran Polda NTB dan polres kabupaten/kota.

"Ada juga dukungan personel dari Mabes Polri, jumlahnya 394 orang," ujar dia.

Polda NTB juga akan melakukan pengendalian keamanan di luar areal Sirkuit Mandalika turut menerjunkan sarana pendukung keamanan, seperti kendaraan pengawalan tamu VVIP, anjing pelacak, dan alat pemindai narkotika. Selanjutnya untuk pengamanan udara dan laut juga sudah disiapkan dari Direktorat Polairud NTB dengan mengerahkan helikopter AW-169 dan Kapal Baladewa 8002.

Target pengamanan, jelas Arman akan mengarah pada segala bentuk gangguan, mulai dari aksi pencurian, kemacetan arus lalu lintas, dan antisipasi teror. Sejauh ini, pihaknya sudah melakukan pemetaan awal dengan membagi zonasi pengamanan menjadi tiga.

"Zona pertama itu mulai dari pintu masuk areal sirkuit sampai areal parkir kendaraan," ucap dia.

Kemudian, zona kedua berada di jalur kendaraan yang masuk dari Bundaran Bandara Internasional Zainuddin Abdul Madjid (BIZAM) menuju kawasan parkir.

Terakhir Zona terluar dimulai dari pintu kedatangan para penonton maupun tamu undangan, seperti di bandara dan pelabuhan.

Pilihan Editor: Jelang MotoGP Mandalika 2023, MGPA Cat Ulang Lintasan Sirkuit

Ingin berdiskusi dengan redaksi mengenai artikel di atas? Mari bergabung di grup Telegram GoOto.

Iklan

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi