Honda Performance Development Berubah Nama Menjadi HRC US
Reporter: Gooto.com
Editor: Kusnadi Chahyono
Jumat, 22 September 2023 10:00 WIB
HRC US akan menjadi basis pengembangan mobil balap di Amerika Serikat. (Foto: HRC US)
Iklan
Iklan

GOOTO.COM, Jakarta - Musim balap 2024, Honda Performance Development (HPD) yang berbasis Santa Clarita, California akan berganti nama menjadi Honda Racing Corporation USA (HRC US). Adapun HRC US ini akan turut terlibat pula di dunia balap Honda bersama Honda Racing Corporation yang berbasis di Sakura, Jepang, termasuk berkontribusi terhadap program perusahaan di Formula 1.

Berkolaborasi sebagai satu entitas HRC global, kedua cabang balap independen Honda akan menggabungkan keahlian dan sumber daya unik mereka untuk memperkuat kemampuan motorsport Honda secara keseluruhan.

HRC didirikan di Jepang pada tahun 1982 sebagai cabang balap sepeda motor Honda, dan telah diakui selama lebih dari 40 tahun atas warisan kejuaraan balap dalam kategori balap global tertinggi seperti WGP/MotoGP, Superbike, Motocross, World Trial, dan reli Paris Dakar. Pada tahun 2022, HRC menambahkan balap mobil termasuk program F1 Honda ke dalam tanggung jawabnya, dengan Sakura Center didedikasikan untuk balap mobil dan Asaka Center berfokus pada balap motor.

HPD didirikan oleh American Honda Motor Co., Inc. pada tahun 1993, sebagai cabang balap terpisah untuk bersaing di seri IndyCar. Selama 30 tahun, HPD telah berkompetisi di berbagai seri balap antara lain IndyCar, IMSA, Baja Off-Road, Touring Cars, dan Formula Regional America. 

Melalui HPD, Honda mengoleksi 280 kemenangan dari 510 balapan di kompetisi IndyCar, termasuk 180 kemenangan dari 410 event dengan kompetisi multi-pabrikan. Di Indianapolis 500, Honda sudah menang 15 kali, sembilan di antaranya dengan kompetisi multi-pabrikan. Honda telah memenangkan 13 Kejuaraan Pembalap dan 10 Kejuaraan Pabrikan selama bertahun-tahun dengan kompetisi multi-pabrikan. 

HPD juga telah membuat merek Acura terpandang dengan meraih tiga kemenangan berturut-turut di Rolex 24 di Daytona, dan raih tiga titel IMSA kelas Manufaktur, Pembalap, dan Tim sejak 2018.

Pusat pengembangan balap mobil HRC di Jepang saat ini mendukung Red Bull Powertrains untuk unit tenaga F1 dan berkontribusi pada kemenangan kejuaraan dunia. Mulai tahun 2026, HRC akan bermitra dengan tim Aston Martin Aramco Cognizant Formula One sebagai pemasok mesin resmi. Dengan tiga balapan F1 yang kini berlangsung di AS (Austin, Miami, Las Vegas), HRC AS baru akan terlibat dalam pengembangan unit tenaga Formula Satu dan dukungan balapan mulai tahun 2026.

“Tujuan kami adalah untuk meningkatkan merek HRC dan mempertahankan kesuksesan aktivitas balap kami dan kami percaya bahwa menyatukan motorsport Honda secara global sebagai satu organisasi balap akan membantu mencapai hal tersebut,” kata Koji Watanabe, presiden HRC Jepang. “Para teknisi balap kami di AS dan Jepang akan menjadi lebih kuat jika bersatu dan saya sangat senang menyambut rekan kami di AS ke dalam tim HRC.”

“Warisan balap Honda tidak ada bandingannya dan selama 30 tahun terakhir, para pria dan wanita berbakat dari HPD telah berkontribusi terhadap kesuksesan tersebut di AS,” kata David Salters, presiden HPD, yang akan menjadi presiden HRC AS yang baru. “Kami sangat senang dan bangga bisa bergabung dengan teman dan kolega kami di HRC Jepang dan mewakili Honda Racing sebagai organisasi balap global. Kami akan terus menantang diri kami sendiri dalam aktivitas olahraga motor di AS bahkan ketika kami mengembangkan sumber daya manusia dan teknologi untuk bersaing di panggung olahraga motor global yang berubah dengan cepat.”

Rolex 24 2024 di Daytona, yang dijadwalkan pada 27-28 Januari, akan menandai balapan perdana untuk HRC AS yang baru, dengan prototipe juara bertahan Acura ARX-06 yang menggunakan logo HRC pada corak balapnya.

Pilihan Editor: Motor Listrik Honda EM1 e: Pakai Livery Balap HRC

Ingin berdiskusi dengan redaksi mengenai artikel di atas? Mari bergabung di grup Telegram GoOto.

Iklan

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi