Kenali 6 Tanda Transmisi Mobil Bermasalah
Reporter: Erwan Hartawan
Editor: Kusnadi Chahyono
Senin, 25 September 2023 10:00 WIB
Transmisi Manual Suzuki Ertiga. (Foto; Tempo/Kusnadi Chahyono)
Iklan
Iklan

GOOTO.COM, Jakarta -Transmisi merupakan salah satu bagian penting dari mobil, karena berfungsi sebagai penyalur tenaga dari komponen mesin ke roda mobil. Selanjutnya, mobil dapat berjalan sesuai dengan arah kemudi yang diinginkan, kecuali jika transmisi bermasalah.

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Terdapat dua jenis transmisi pada kendaraan mobil, yaitu transmisi otomatis dan manual. Untuk dapat menjalankan fungsinya dengan optimal, maka kondisinya perlu dijaga dengan baik.

Dikutip dari Suzuki.co.id ada berbagai tanda kerusakan pun perlu diwaspadai, supaya tidak semakin parah, sebagai berikut:

1. Terdengar Suara Bising atau Dengung dari Transmisi

Tanda pertama yang bisa menjadi pertanda masalah yaitu ketika ada suara bising atau dengung dari sistem transmisi mobil Anda.

Biasanya, pada awalnya terdengar seperti suara mesin. Lalu, semakin lama mulai terdengar suara seperti ketukan dari benda tumpul.

Adanya suara tersebut, dapat disebabkan karena terjadi benturan di antara beberapa komponen transmisi. Itu merupakan hal yang umum terjadi jika dorongan dari oli transmisi kurang kuat.

Maka dari itu, pastikan Anda oli transmisi masih berada dalam kondisi dan performa yang baik, supaya tidak mengganggu komponen lainnya.

2. Mesin Mobil Lama Merespons

Jika pengemudi menginjak pedal gas namun mesin tidak segera merespons, maka itu bisa menjadi pertanda transmisi bermasalah.

Untuk mobil dengan transmisi manual, hal tersebut dapat menandakan bahwa plat kopling mobil Anda sudah menipis. Lalu, untuk mobil dengan transmisi otomatis, maka bisa jadi disebabkan body valve sudah berkurang kinerjanya.

3. Pedal Kopling Terasa Seret

Untuk pemilik mobil dengan transmisi manual, ini merupakan salah satu masalah yang umum terjadi dan perlu diwaspadai.

Kopling yang terasa seret menandakan bahwa sistem transmisinya tidak berada dalam kondisi baik. Kondisi ini biasanya disebabkan karena disk kopling tidak terlepas ketika Anda menginjak pedal kopling.

4. Cairan Transmisi Bocor

Tanda lainnya yang cukup mudah untuk diperhatikan yaitu jika terjadi kebocoran pada cairan transmisi.

Untuk mobil dengan transmisi otomatis, maka cairan ini menjadi hal yang sangat penting dalam pergantian gigi. Jika ada masalah pada cairan, meski hanya sedikit, maka dapat menimbulkan dampak yang serius.

Dalam kondisi yang bagus, cairan transmisi terlihat bersih, memiliki warna merah terang, serta memunculkan sedikit bau. Ketika kondisinya menjadi tidak bagus, maka warnanya cenderung berubah menjadi gelap dan ada bau seperti terbakar.

5. Merasa Sulit Berpindah Gigi

Apabila menggunakan jenis transmisi manual dan merasa kesulitan dalam melakukan perpindahan gigi, maka itu merupakan tanda transmisi bermasalah.

Hal tersebut dapat disebabkan oleh adanya komponen yang aus atau melewati batas dari usia pakainya. Maka dari itu, penting untuk memeriksa berbagai komponen pada mobil supaya dapat mencegah adanya masalah transmisi.

6. Muncul Suara Berisik Ketika Transmisi Berada di Posisi Netral

Tanda selanjutnya yang perlu diwaspadai yaitu ketika terdengar suara berisik dari mesin meski sudah berada pada posisi transmisi netral. Hal ini umumnya disebabkan oleh komponen bearing yang mulai aus.

Jika sudah ada gejala ini, maka jangan tunda untuk membawa mobil ke bengkel, sebelum kerusakan akan bertambah parah.

Pilihan Editor: Suzuki Swift Dikabarkan Membawa Pembaruan Menyeluruh

Ingin berdiskusi dengan redaksi mengenai artikel di atas? Mari bergabung di grup Telegram GoOto.

Iklan

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi