Dorna Ingatkan MotoGP Mandalika 2023 Wajib Punya Podium Sprint Race
Reporter: Erwan Hartawan
Editor: Kusnadi Chahyono
Jumat, 6 Oktober 2023 09:00 WIB
Jorge Martin, Tissot Sprint race, San Marino MotoGP 9 September 2023. (foto: Red Bull)
Iklan
Iklan

GOOTO.COM, Jakarta - MotoGP 2023 memiliki format yang berbeda dari tahun-tahun sebelumnya.  Di mana tahun ini terdapat mini balapan di hari Sabtu yang bernama Sprint Race. Adapun Sprint Race ini berlaku di semua seri MotoGP 2023, tak terkecuali seri MotoGP Mandalika, yang digelar pada 13-15 Oktober 2023. Dalam perayaannya pun juga dibuat berbeda dari balapan pada hari Minggu.

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Direktur Utama MGPA (Mandalika Grand Prix Association) Priandhi Satria, Sirkuit Mandalika menyebut pihaknya tengah beradaptasi terhadap format baru tersebut salah satunya adanya podium yang berbeda. Pasalnya Dorna menginginkan podium sprint race memiliki letak yang berbeda.

"Yang Sprint Race, yang khusus kita baru belajar adalah buat podium seremoninya yang di trek. Karena tadinya kan podium biasa yang di atas. Mereka (Dorna) ternyata tidak mau sprint itu pakai podium yang di atas. Jadi MotoGP is MotoGP, yang Sprint Race walaupun masih dalam perhelatan mereka, cuma bukan pakai podium di MotoGP," kata Priandhi di Jakarta, Selasa, 3 Oktober 2023 kemarin.

Sebagai informasi, format sprint race merupakan adopsi dari format balap di Formula 1 (F1). Balap tersebut digelar di hari Sabtu sebelum sesi balapan utama hari Minggu. Sprint Race tepatnya digelar setelah sesi kualifikasi 1 dan 2 selesai.

Lap Sprint Race hanya berjumlah setengah dari jumlah lap yang akan digunakan saat sesi balapan utama. Namun jumlah lap Sprint Race tidak selalu persis separuh jumlah lap dari balapan hari Minggu.

Meski begitu, Sprint Race pun akan memperebutkan poin yang bisa jadi tambahan rider di klasemen MotoGP. Namun, poin yang akan diraih turut berjumlah setengah dari poin yang didapat di sesi race.

Pemenang di sprint race akan dapat 12 poin. Peringkat kedua dapat 9 poin dan peringkat ketiga dapat 7 poin. Selanjutnya dari peringkat keempat sampai kesembilan berturut-turut akan dapat 6, 5, 4, 3, 2, 1 poin.

Pilihan Editor: Pertamina Enduro Ajak 12 Pelanggan Nonton Gratis MotoGP Mandalika 2023

Ingin berdiskusi dengan redaksi mengenai artikel di atas? Mari bergabung di grup Telegram GoOto.

Iklan

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi