Ferrari 499P Modificata, Mobil Sirkuit Bukan untuk Balapan
Reporter: Gooto.com
Editor: Kusnadi Chahyono
Rabu, 1 November 2023 09:01 WIB
Mesin Ferrari 499P Modificata. (Foto: Ferrari)
Iklan
Iklan

GOOTO.COM, JakartaProject anyar kembali disuguhkan oleh Ferrari, berupa mobil edisi terbatas untuk sirkuit tapi bukan untuk balapan, Ferrari 499P Modificata. Diperkenalkan di Ferrari World Finals di sirkuit Mugello, sebagai perayaan manufaktur kembali ke balap ketahanan musim 2023.

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Diyakini Ferrari 499P Modificata adalah versi modifikasi dari mobil Ferrari 499P yang menang di edisi satu abad gelaran 24 Hours of Le Mans pada bulan Juni lalu.

Adapun Ferrari 499P Modificata didesain untuk para pemesan istimewa dan mobil balap ini menjadi project baru bagi Ferrari. Berupa mobil khusus sirkuit yang dikembangkan langsung dari mobil balap, tanpa batasan dari regulasi teknis bersertifikasi FIA WEC, sehingga mendapat banyak modifikasi signifikan untuk membuat performa mobil lebih mudah digunakan.

Mesin Ferrari 499P Modificata. (Foto: Ferrari)

Modifikasi teknis penting di Ferrari 499P Modificata dan 499P mencakup poros listrik dan penggerak empat roda yang dapat diaktifkan bahkan pada kecepatan rendah; fungsi “Push to Pass”, yang menawarkan pengemudi pilihan daya tambahan 120 kW; ban khusus yang dikembangkan oleh Pirelli, dan kalibrasi ulang lengkap pada pengaturan suspensi, pengontrol elektronik, dan setelan mesin.

Ferrari 499P Modificata mempertahankan kokpit, dengan tata letak tempat duduk tunggal, dan ergonomis 499P, memberikan pengalaman berkendara yang persis sama kepada klien seperti kru yang mengendarai mobil balap #50 dan #51 yang meraih kemenangan, Hyperpole, dan putaran tercepat dalam balapan di 24 Hours of Le Mans.

Turunannya yang jelas dari 499P menjadikan 499P Modificata sebagai mobil close wheel berperforma tertinggi yang pernah disajikan Ferrari untuk penggunaan non-kompetitif di lintasan. 

Ferrari 499P Modificata program Sport Prototipi Clienti hanya disuguhkan untuk konsumen istimewa. (Foto: Ferrari)

Mobil tersebut akan dimasukkan dalam program Sport Prototipi Clienti baru yang, mulai tahun 2024, akan dijalankan bersamaan dengan program F1 Clienti yang sudah ada. Hal ini memungkinkan pemilik Ferrari 499P Modificata untuk berpartisipasi dalam sejumlah acara di trek internasional setiap tahun, dengan Ferrari mengurus logistik, bantuan di sisi trek, dan pemeliharaan.

Powertrain hybrid di Ferrari 499P Modificata menggabungkan mesin V6 berkapasitas 2.996 cc yang dipasang di mid-rear dipadu motor listrik di gandar depan. Sistem ini dapat menghasilkan output daya maksimum sebesar 870 hp, tanpa hambatan sesuai peraturan FIA-ACO. ICE memiliki arsitektur unit tenaga yang sama dengan 296 GT3 namun telah direvisi sepenuhnya oleh para insinyur Ferrari untuk mengembangkan solusi khusus dan menurunkan bobot total.

Karakteristik yang sangat khas dari mesin V6 di Ferrari 499P Modificata adalah kenyataan bahwa mesin ini mampu menahan beban, sehingga menjalankan fungsi struktural yang berharga, dibandingkan dengan mobil balap GT yang mesinnya dipasang pada sub-sasis.

Mesin Ferrari 499P Modificata bagian dari program Sport Prototipi Clienti. (Foto: Ferrari)

Powertrainnya dipersiapkan Ferrari dilengkapi motor listrik 200 kW setara 272 hp dengan diferensial dan Energy Recovery System (ERS) yang mengisi ulang baterai saat deselerasi dan pengereman. Paket baterai 800 volt dikembangkan menggunakan pengalaman di Formula 1. Unit tenaga tersebut dipadukan dengan gearbox sekuensial tujuh percepatan. 

Ferrari 499P Modificata dilengkapi dengan ban khusus - depan 310/710-18 dan belakang 340/710-18 - yang dikembangkan oleh Pirelli dimulai dengan simulasi virtual. Berdasarkan regulasi FIA, desain apik menampilkan struktur khusus dan kompon tapak yang berasal dari teknologi F1.

Pilihan Editor: Ferrari SP-8 Gunakan Mesin V8 dari Basis F8 Spider

Ingin berdiskusi dengan redaksi mengenai artikel di atas? Mari bergabung di grup Telegram pilih grup GoOto

Iklan

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi