Mobil Rongsok Ferrari 500 Mondial Spider Series I Laku Rp 27,5 Miliar
Reporter: Erwan Hartawan
Editor: Kusnadi Chahyono
Selasa, 22 Agustus 2023 17:26 WIB
Sasis dan mesin Ferrari 500 Mondial Spider Series I masih dalam kondisi baik.
Iklan
Iklan

GOOTO.COM, Jakarta - Sebuah mobil rongsok bermerek Ferrari laku terjual seharga US$1,8 juta atau setara dengan Rp 27,5 miliar. Mobil merupakan Ferrari 500 Mondial Spider Series I tahun 1954 yang rusak parah dan bekas terbakar saat balapan di tahun 1960-an.

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Dikutip dari NDTV, Selasa 22 Agustus 2023, 500 Mondial dibuat oleh Ferrari dalam memperingati Kejuaraan Pembalap Dunia Formula Satu FIA Alberto Ascari berturut-turut pada tahun 1952 dan 1953.

Mobil ini menjadi saksi perpindahan satu silinder menjadi mobil balap empat silinder pelanggan langka Ferrari di Italia sepanjang tahun 1950-an, sebelum menuju ke Amerika Serikat pada tahun 1958. 

Harta karun Ferrari 500 Mondial Spider Series I, akan dibangun kembali agar bisa melaju ikut balapan.

Dikenal dengan nomor sasisnya, 0406 MD, awalnya mobil ini dibangun dengan bodi oleh perusahaan desain terkenal Italia Pininfarina

Kendaraan tersebut tercatat pernah menjadi milik Franco Cortese, mantan pembalap pabrik Ferrari yang membeli mobil itu pada tahun 1954.

Saat itu sang pembalap membeli dengan tujuan untuk memasuki arena balapan dan pembalap pertama yang mengemudikan Ferrari menuju kemenangan. 

Namun, mobil tersebut terbakar saat balapan di tahun 1960-an. Pengalihan kepemilikan terakhir yang tercatat terjadi pada tahun 1978 dan terus mempertahankannya dalam kondisi rusak parah selama 45 tahun.

Ferarri 500 Mondial Spider Series I milik Franco Cortese, mantan pembalap pabrik Ferrari yang membeli mobil tersebut pada tahun 1954.

Terlihat sudah tidak ada lagi roda serta interior di bagian dalam. Semetara bodi juga mengalami kerusakan akibat kebakaran yang mengerikan. Namun, Ferrari itu masih memiliki sasis asli, kotak persneling, sudut gandar belakang, dan mesin empat silinder segaris Tipo 119 Lampredi 3.0 liter. 

Pembeli Ferrari yang hancur itu bermaksud untuk mengembalikannya ke kejayaannya agar bisa mengikuti balapan kembali.

Pilihan Editor: Ferrari SF90 XX Stradale dan Ferrari SF90 XX Spider, Bisa Dipakai di Jalan Raya

Ingin berdiskusi dengan redaksi mengenai artikel di atas? Mari bergabung di grup Telegram GoOto.

Iklan

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi