Simak Spesifikasi Lengkap Toyota Hilux Hybrid 48V
Reporter: Gooto.com
Editor: Kusnadi Chahyono
Senin, 4 Desember 2023 20:38 WIB
Toyota Hilux Hybrid 48V. (Foto: Toyota)
Iklan
Iklan

GOOTO.COM, JakartaToyota Hilux Hybrid 48V terbaru memperkenalkan elektrifikasi di jajaran pick-up legendaris untuk pertama kalinya guna memberikan efisiensi yang lebih besar, peningkatan performa berkendara, dan peningkatan kenyamanan baik di lingkungan perkotaan maupun off-road.

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Adapun Toyota Hilux menjadi terkenal karena Quality, Durability and Reliability (QDR) sejak diluncurkan di Jepang pada tahun 1968, menjadi salah satu kendaraan pekerja keras Toyota. Paling dikenal dan kendaraan penggunaan multi-fungsi yang ikonik, di rumah, di sekitar kota, dan dalam elemennya di medan terberat di dunia.

Ditambahkannya sistem hybrid 48V, Toyota memperkuat pendekatan jalur multi-teknologi inklusif menuju netralitas karbon. Toyota percaya bahwa semua pelanggan membutuhkan beragam pilihan yang terjangkau dan praktis, termasuk untuk kendaraan komersial dan off-road.

Kabin Toyota Hilux Hybrid 48V. (Foto: Toyota)

Menampilkan tampilan Toyota Hilux yang ikonik dan tersedia secara eksklusif dalam format Double Cab, Toyota Hilux Hybrid 48V memberikan kesan yang kuat dengan gril tiga dimensi dan bumper depan yang berani, menonjolkan kekuatan dan ketangguhan pick-up ini.

Di dalam Toyota Hilux Hybrid 48V terbaru, interior luas yang nyaman dilengkapi dengan daftar perlengkapan yang lengkap, termasuk sistem infotainment modern dan teknologi Toyota Safety Sense terbaru.

Mesin diesel Toyota Hilux 2.8L diklaim paling bertenaga telah diperkuat dengan penambahan sistem hybrid 48V yang dirancang khusus. Mesinnya menggerakkan generator motor kompak menggunakan sistem sabuk, yang kemudian mengisi baterai lithium 48V. 

Diyakini dimensi baterainya cukup kecil untuk dipasang di bawah kursi belakang guna meminimalkan dampak pada ruang kabin, dan beratnya hanya 7,6 kg. Baterai 48V ini juga menyuplai sistem 12V kendaraan melalui konverter terbaru DC/DC.

Mode berkendara Toyota Hilux Hybrid 48V ada pilihannya yakni Auto, Dirt, Sand, Mud, dan Deep Snow. (Foto: Toyota)

Seperti sistem listrik full hybrid Toyota, baterai baru diisi selama deselerasi, secara efisien meregenerasi energi pengereman yang mungkin hilang, sekaligus menambah kinerja pengereman tambahan. Setelah diisi, baterai mengirimkan tenaga hingga 12 kW atau setara 16 hp dan torsi 65 Nm melalui generator motor ke mesin untuk meningkatkan akselerasi, tenaga, dan efisiensi.

Generator motor diklaim telah dirancang untuk tahan terhadap lingkungan kerja yang lebih keras yang biasa dialami kendaraan komersial, sementara mesinnya telah dimodifikasi untuk beradaptasi dengan sistem hybrid. Tensioner sabuk dua lengan baru dan material sabuk yang lebih kuat berkontribusi pada peningkatan kemampuan berkendara dan pengendaraan yang lebih senyap, sekaligus mempertahankan daya tahan Hilux yang terkenal.

Dikombinasikan dengan generator motor adalah mesin diesel 2.8L yang bertenaga dan memenuhi standar Euro 6d, DOHC, 16 katup. Di atas kertas menghasilkan 204 hp (150 kW) pada 3.400 rpm dan torsi 500 Nm antara 1.600 dan 2.800 rpm.

Toyota Hilux Hybrid 48V dapat terpantau penggunaan baterainya. (Foto: Toyota)

Telah dilengkapi dengan sistem injeksi bahan bakar common rail, turbocharger nosel variabel, dan intercooler berpendingin air. Upaya pengendalian emisi gas buang meliputi Diesel Oxidisation Catalyst, a Diesel Particulate Filter, Selective Catalytic Reduction (SCR), dan Urea Additional Injection.

Sama dengan kendaraan keluarga Toyota Hilux, Land Cruiser, dan PROACE yang sudah ada, Toyota Hilux Hybrid 48V kompatibel dengan diesel HVO100, bahan bakar non-fosil yang 100% terbuat dari sumber terbarukan.

Toyota Hilux Hybrid 48V dapat menerobos air hingga kedalaman 700 mm berkat baterai 48V yang kedap air dan konverter DC-DC, sementara anti-selip baru dan langkah-langkah penguatan pada katrol dan sabuk generator motor memastikan kinerja optimal, bahkan saat basah.

Toyota Hilux Hybrid 48V. (Foto: Toyota)

Perihal dimensi, Toyota mengemas Toyota Hilux Hybrid 48V memiliki panjang 5.325 mm, lebar 1.900 mm, dan tinggi 1.815 mm, sekaligus menawarkan kepraktisan serta gaya yang kokoh berkat panjang bak beban 1.525 mm. Peningkatan efisiensi hybrid dan performa berkendara hadir tanpa kompromi pada kapasitas penarik dan muatan, yang tetap luar biasa pada masing-masing 3.500 kg dan 1.000 kg.

Pilihan Editor: 2 Mobil Listrik Toyota Konsep di Guangzhou Auto Show 2023

Ingin berdiskusi dengan redaksi mengenai artikel di atas? Mari bergabung di grup Telegram pilih grup GoOto

Iklan

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi