2 Mobil Listrik Berbasis BEV akan Diluncurkan Toyota Motor Eropa
Reporter: Gooto.com
Editor: Kusnadi Chahyono
Selasa, 5 Desember 2023 12:31 WIB
Toyota Urban SUV. (Foto: Toyota)
Iklan
Iklan

GOOTO.COM, JakartaEkspansi mobil listrik di Eropa dilakukan oleh Toyota dengan mempersiapkan dedikasi Battery Electric Vehicle (BEV) yang akan disajikan seperti Toyota Urban SUV dan Sport Crossover Concept. Sedianya dijadwalkan diperkenalkan pada dua tahun lagi.

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Diyakini perkenalan kendaraan berbasis solid state battery diperkirakan tahun 2027-2028. Ditargetkan untuk waktu pengisian cepat 10-80 persen hanya perlu waktu 10 menit. Kemungkinan penjualannya bisa tembus 10.000 unit per tahun.

Adapun Toyota Urban SUV dan Sport Crossover Concept merupakan mobil listrik ke-4 dari rencana 6 model mobil listrik.

“Melihat secara khusus di Eropa, pasar saat ini sangat beragam. Namun targetnya adalah 100% netral karbon pada tahun 2035 – hanya dalam waktu 12 tahun. Ini adalah sesuatu yang berkomitmen untuk kami capai,” ujar Andrea Carlucci, vice president at Toyota Motor Europe.

Secara global, Toyota telah mengembangkan pendekatan multipath terhadap netralitas karbon, yang sejalan dengan komitmennya untuk menyediakan serangkaian powertrain yang memenuhi kebutuhan spesifik pelanggan, kondisi pasar, dan infrastruktur lokal di berbagai wilayah dunia. Programnya mencakup hybrid electric, plug-in hybrid electric, battery electric and fuel cell electric systems, hydrogen combustion engines, dan e-fuels.

Toyota Sport Crossover Concept. (Foto: Toyota)

Di Eropa, jajaran modelnya akan mencakup enam kendaraan baterai-listrik khusus pada tahun 2026. Selain Toyota bZ4X yang sudah dijual dan konsep SUV Compact yang tertinggal di forum tahun lalu, Toyota meninjau dua kendaraan lebih lanjut yang akan memperluas jajarannya. : Konsep Urban SUV dan Konsep Sport Crossover.

Konsep Urban SUV adalah desain model yang hampir mendekati produksi yang tahun depan akan memasuki apa yang diharapkan menjadi salah satu segmen pasar BEV terbesar di Eropa. Ia memiliki desain SUV yang autentik dan mengacu pada kesuksesan Toyota Yaris Cross listrik hybrid, model terlaris di kelasnya. 

Selain pilihan penggerak semua roda (all-wheel drive) – kunci utama dalam produk Toyota – pelanggan juga akan memiliki dua pilihan baterai, sesuai dengan anggaran atau kebutuhan jarak tempuh mereka.

Konsep Sport Crossover menandakan alternatif model SUV dengan profil fastback khas yang akan menjadi produk unggulan untuk jajaran BEV. Ini dijadwalkan untuk diperkenalkan di Eropa pada tahun 2025.

Toyota sedang bersiap untuk memperkenalkan serangkaian baterai baru, yang pertama adalah versi performa, dirancang dengan struktur konvensional namun diharapkan menawarkan jarak tempuh dua kali lipat dan pengurangan biaya 20% dibandingkan dengan Toyota bZ4X saat ini.

Hal ini akan diikuti dengan baterai berkualitas baik dan murah yang akan membantu mempopulerkan BEV. Ini akan memiliki bentuk baru, struktur bipolar dan menggunakan lithium iron phosphate (LFP) yang lebih murah sebagai bahan utamanya. Tujuannya adalah untuk meningkatkan jangkauan sebesar 20 persen dan mengurangi biaya sebesar 40 persen (vs bZ4X).

Pilihan Editor: Lotus Emeya GT Mobil Listrik Tercepat di Kelasnya

Ingin berdiskusi dengan redaksi mengenai artikel di atas? Mari bergabung di grup Telegram pilih grup GoOto

Iklan

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi