Dorna Sport Pertahankan Format Sprint Race di MotoGP 2024
Reporter: Erwan Hartawan
Editor: Kusnadi Chahyono
Selasa, 12 Desember 2023 11:00 WIB
Sprint Race MotoGP Malaysia 2023, Francesco Bagnaia memimpin sementara balapan. (Foto: Red Bull Content Pool)
Iklan
Iklan

GOOTO.COM, JakartaPromotor MotoGP, Dorna Sport akan tetap mempertahankan format sprint race untuk MotoGP 2024. Hal tersebut lantaran diklaim membawa keuntungan untuk ajang balap nomor satu ini.

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Direktur Olahraga Dorna Sport, Carlos Ezpeleta menyebut, adanya sprint race membuat jumlah penonton terus meningkat. Sebab balapan pendek di hari Sabtu tersebut dapat meningkatkan minat penonton untuk melihat aksi pembalap selanjutnya pada hari Minggu.

"Format baru ini sangat positif. Angka-angka tersebut membuktikannya sendiri, kami memiliki penonton terbanyak dalam satu musim dengan peningkatan penonton yang signifikan antara tahun lalu dan tahun ini,” katanya dilansir dari PaddockGP, Selasa, 12 Desember 2023.

Meski begitu, Carlos Ezpeleta sebenarnya mengakui jika konsep balapan ini membuat persentase kecelakaan meningkat.

“Sayangnya kami mengalami sejumlah cedera pada awal musim dan butuh beberapa waktu bagi tim dan pembalap untuk terbiasa dengan prosesnya," ungkap dia.

Carlos Ezpeleta selanjutnya berharap para pembalap nantinya akan terbiasa dengan format tersebut.

"Saya pikir sekarang mereka telah memahami hal itu dan melihat risiko dan manfaatnya pada hari Sabtu dan Minggu, segalanya menjadi sedikit lebih stabil,” Carlos Ezpeleta menjelaskan.

Ditambahkan Carlos Ezpeleta bahwa dirinya banyak berbicara dengan para pebalap, yang memiliki suara yang kuat di MotoGP. Dia menegaskan bahwa timnya tidak pernah tertutup terhadap saran perubahan yang lebih baik termasuk menghentikan sprint race.

“Jika diperlukan untuk melakukan perubahan, kami melakukannya. Oleh karena itu, pada pertengahan musim, kami menjadikan sesi latihan pertama pada hari Jumat sebagai sesi latihan bebas dan kami akan terus melakukan perubahan di masa depan jika diperlukan demi alasan keselamatan," ujar dia lagi.

Pilihan Editor: Federal Oil Sambut Marc Marquez di Gresini Racing Hadapi MotoGP 2024

Ingin berdiskusi dengan redaksi mengenai artikel di atas? Mari bergabung di grup Telegram pilih grup GoOto

Iklan

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi