Pirelli akan Gelar Tes Ban Usai MotoGP Valencia 2023
Reporter: Gooto.com
Editor: Kusnadi Chahyono
Sabtu, 25 November 2023 16:13 WIB
Ban Pirelli untuk Moto2 dan Moto3 musim MotoGP 2024. (Sumber: Pirelli)
Iklan
Iklan

GOOTO.COM, JakartaPasca MotoGP Valencia sebagai seri pamungkas MotoGP 2023, lebih tepatnya 27 November, produsen ban Pirelli sudah bersiap meladeni para pembalap Moto3 dan Moto2. Jenama asal Prancis ini akan menjadi pemasok tunggal dua kelas tersebut untuk MotoGP 2024.

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Dimulai di Circuit Ricardo Tormo di Valencia sebagai tes resmi MotoGP 2024 untuk kelas Moto3 dan Moto2 bersama ban Pirelli. Sebelumnya pada bulan September sudah dilakukan pengetesan secara tertutup dengan hasil yang cukup positif.

Pengetesan selanjutkan akan dilakukan di Jerez de la Frontera mulai 28 Februari hingga 1 Maret 2024, sebelum dimulainya seri perdana MotoGP 2024 di sirkuit Losail Qatar.

Ban yang tersedia bagi pebalap untuk tes Valencia sama dengan yang digunakan di Barcelona, baik dari segi ukuran maupun kompon. Ini adalah ban slick DIABLO™ Superbike dan ban basah DIABLO™ Rain. Bukan ban prototipe melainkan produk standar, artinya bisa dibeli oleh pengendara sepeda motor mana pun karena dijual secara umum.

Giorgio Barbier selaku Motorcycle Racing Director Pirelli mengatakan, “Barcelona merupakan tes privat pertama dan berlangsung dalam kondisi ‘plug & play’, yaitu tanpa bisa mengatur motor sebaik mungkin mengingat tim dan pembalap masih berada di tengah-tengah kejuaraan masing-masing. 

Dijelaskan oleh Giorgio Barbier bahwa masukan yang diberikan sangat positif dan dalam hal ini tujuannya adalah, yang terpenting, untuk memverifikasi apakah ukuran dan material yang dihadirkan Pirelli merupakan pilihan yang tepat. Dalam hal ini, Barcelona adalah tempat pembuktian yang sangat baik mengingat ini adalah sirkuit yang menuntut penggunaan ban. 

“Sekarang kita memiliki kesempatan untuk melakukan tes resmi pertama pada tahun 2024, dalam hal ini setelah musim balap selesai dan di trek dengan karakteristik berbeda: lurus pendek, kecuali untuk start/finis, dan banyak tikungan agak lambat yang dilalui di jalan rendah. penggunaan gear. Sebuah trek yang tidak terlalu menuntut, namun sempit, dan sering kali membuat para pebalap berada dalam kondisi ‘terjepit. Ini akan menjadi kesempatan bagus untuk memeriksa sekali lagi performa ban kami - mengingat di Valencia juga kami akan memiliki opsi yang sama persis dengan yang digunakan pada tes pertama, untuk memulai musim pertama kami pada tahun 2024 sebagai pemasok tunggal Kejuaraan Moto2 dan Moto3 di cara terbaik yang mungkin,” jelas Giorgio Barbier.

Pilihan Editor: MV Agusta Superveloce 98 Edizione Limitata, Dibuat 300 Unit

Ingin berdiskusi dengan redaksi mengenai artikel di atas? Mari bergabung di grup Telegram pilih grup GoOto

Iklan

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi