F1 Singapura 2023 Ada Revisi Lintasan, Simak Prediksi Pirelli
Reporter: Gooto.com
Editor: Kusnadi Chahyono
Sabtu, 16 September 2023 08:00 WIB
Strategi ban Pirelli untuk F1 Singapura. (Ilustrasi: Pirelli)
Iklan
Iklan

GOOTO.COM, Jakarta - Pirelli telah menyiapkan ban yang sesuai untuk sirkuit Marina Bay yang akan menjadi gelaran F1 Singapura 2023 pada akhir pekan ini, 17 September. Mario Isola Head of Motorsport Pirelli membahas kesiapan Pirelli untuk sirkuit jalan raya yang telah alami penyederhanaan tikungan di 16 hingga 19.

“Dari sudut pandang teknis, Marina Bay merupakan sirkuit jalan raya pada umumnya: sangat berkelok-kelok (kini dengan 19 tikungan, sebagian besar bersudut 90 derajat) dan sedikit run off. Akibatnya, kesalahan kecil sekalipun bisa berakibat buruk, sementara tata letak lintasan juga menyebabkan mobil mengalami downforce tingkat tinggi,” ujar Mario Isola.

Mario Isola menjelaskan tentang layout Sirkuit Marina Bay yang ditata ulang agar lebih menantang. “Musim ini, sirkuit ditata lebih baru karena adanya beberapa penyempurnaan di kawasan Marina Bay: bagian lintasan yang sebelumnya berbelok 16 hingga 19 kini hanya berupa lintasan lurus saja, yang panjangnya hampir 400 meter.”

“Perubahan ini akan membuat lintasan menjadi lebih cepat; pertama karena total panjang putaran sekarang kurang dari lima kilometer dan kedua karena tata letaknya menjadi lebih mengalir. Kami akan menunggu untuk melihat apakah perubahan ini berdampak pada strategi, karena secara teori setidaknya hal ini dapat menciptakan peluang untuk menyalip – karena menyalip sangat sulit kecuali Anda memiliki mobil yang jauh lebih cepat,” ujar Mario Isola.

“Lintasan ini tidak memberikan tekanan khusus pada ban dalam hal bobot, namun ban belakang perlu dikelola dengan hati-hati selama fase traksi saat keluar dari tikungan lambat,” saran dia. 

Lebih detail Mario Isola menjelaskan, “Suhu biasanya selalu tinggi, karena Singapura hanya berjarak sekitar 150 kilometer dari garis khatulistiwa. Hal ini meningkatkan risiko panas berlebih: tidak hanya di bagian ban tetapi juga semua hal lainnya, termasuk mekanik dan tentu saja pengemudi!”

Pirelli akan menghadirkan trio kompon paling lembut ke Singapura: C3 sebagai P Zero White hard, C4 sebagai P Zero Yellow medium, dan C5 sebagai P Zero Red soft.

Tata sirkuit telah diubah tahun ini, dengan ruas lintasan antara tikungan 16 dan 19 kini menjadi lurus dengan panjang sekitar 397 meter. Artinya, jumlah tikungan berkurang dari 23 menjadi 19, sedangkan total panjang putaran kini menjadi 4.940 meter (dibandingkan sebelumnya 5.063 meter). Perlombaan telah diperpanjang menjadi 62 lap: satu lap lebih banyak dibandingkan tahun lalu.

Pilihan Editor: Jelang F1 Singapura 2023, Brembo Kasih Bocoran Seberapa Kuat Pedal Rem Diinjak

Ingin berdiskusi dengan redaksi mengenai artikel di atas? Mari bergabung di grup Telegram GoOto.

Iklan

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi