Pirelli Lakukan Pengujian Ban Motor Balap untuk Kelas Moto2 dan Moto3
Reporter: Gooto.com
Editor: Kusnadi Chahyono
Rabu, 6 September 2023 14:46 WIB
kelas Moto3 di MotoGP Catalunya 2023. (Foto: KTM Image)
Iklan
Iklan

GOOTO.COM, JakartaPirelli sudah dipastikan akan menjadi ban resmi untuk kelas Moto2 dan Moto3 untuk musim kejuaraan dunia musim 2024. Hal tersebut ditunjukkan keseriusannya dengan para pembalap melakukan pengetesan ban pasca MotoGP Catalunya, Spanyol pada 4 September 2023.

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Para pembalap dari dua kelas Kejuaraan Dunia, yang dianggap sebagai tempat pembibitan paling penting bagi talenta motorsport roda dua, untuk pertama kalinya dapat menguji ban yang akan mereka gunakan mulai musim depan.

Pembalap yang ikut pengetesan ban Pirelli kelas Moto2 dan Moto3 menggunakan ban slick DIABLO Superbike dengan kompon lunak dan sedang untuk bagian depan dan belakang. Di Moto2 berukuran 125/70 R17 depan dan 200/65 R17 belakang, di Moto3 100/70 R17 depan dan 120/70 R17 belakang.

Selama pengetesan ban motor balap Pirelli ini tidak ada catatan waktu putaran resmi yang diberikan tetapi sensor di lintasan lurus start/finis aktif dan oleh karena itu setiap tim dapat mencatat waktunya sendiri.

Giorgio Barbier, Motorcycle Racing Director Pirelli mengatakan bahwa keseimbangan tes pertama bersama tim dan pembalap Moto2 dan Moto3 hasilnya sangat positif. Sirkuit Montmelo cukup menuntut penggunaan ban, oleh karena itu, pengetesan ini merupakan tempat pengujian yang sangat baik untuk melakukan pengujian pertama dan segera memverifikasi keunggulan Pirelli. 

“Bahkan tanpa adanya waktu putaran resmi, kami telah melihat bahwa Pirelli sudah sangat cepat dan tingkat keausannya sangat baik, terutama jika kami mempertimbangkan bahwa hari ini adalah tes pertama dalam kondisi plug&play, yaitu tanpa kemungkinan penyesuaian motor juga mempertimbangkan balapan yang akan berlangsung di Misano pada akhir pekan,” yakin Giorgio Barbier.

Adapun Giorgio Barbier menegaskan bahwa Pirelli memiliki performa yang sangat tinggi dan produk yang solid dan komentar positif yang diterima saat pengetesan dari pengendara dan tim. 

Pirelli ini menawarkan cengkeraman dan performa murni, perilaku yang sangat intuitif, kemudahan penggunaan, dan rasa percaya diri yang diungkapkan oleh bagian depan juga berkat keseimbangan yang baik antara kedua roda juga diapresiasi. 

“Para pembalap bisa semakin memaksimalkan ban sejak awal berkat kontrol dan presisi yang dapat dijamin oleh ban kami, dengan kata lain mereka langsung merasakan rasa aman yang luar biasa. Dan ini adalah komentar seragam, tidak ada suara yang berbeda pendapat. Sebuah awal yang sangat baik dan saya yakin bahwa ketika mesin disetel untuk ban kami dengan cara terbaik, mereka akan dapat memanfaatkan potensi penuhnya,” jelas Giorgio Barbier.

Setiap pembalap Moto3 dan Moto2 mendapat jatah 9 set ban Pirelli berarti total ada 18 buah ban, setiap tipe kompon ban ada 3 set. 6 set berkarakter slick dengan dua tipe kompon untuk ban depan dan belakang. Sisa 3 set gunakan kompon yang sama SCR1 untuk ban depan dan belakang.

Pilihan Editor: Pirelli Siapkan Ban Motor untuk WorldSBK di Catalunya

Ingin berdiskusi dengan redaksi mengenai artikel di atas? Mari bergabung di grup Telegram GoOto.

Iklan

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi