Pirelli Siapkan Ban SCQ untuk Taklukan Aspal Panas Mandalika
Reporter: Gooto.com
Editor: Kusnadi Chahyono
Selasa, 28 Februari 2023 19:59 WIB
Sirkuit Mandalika. (Foto: Pirelli)
Iklan
Iklan

GOOTO.COM, JakartaPirelli mengabarkan bahwa sudah menyiapkan ban khusus untuk FIM WorldSBK Indonesia 2023 yang digelar di sirkuit Mandalika pada akhir pekan ini, 3-5 Maret. Merupakan seri kedua setelah WSBK Australia pekan kemarin 25-27 Februari.

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Brand ban asal Italia ini menegaskan bahwa sirkuit Mandalika memiliki karakter aspal yang tak terlalu menggerus kompon, namun kondisi lintasan yang sangat panas membutuhkan kompon sesuai. Hal tersebut ditentukan setelah seri musim lalu yang digelar bulan November di Mandalika, dikeluhkan banyak pembalap.

Ban berkompon lunak untuk bagian belakang menjadi solusi paling ideal, karena menjamin cengkeraman masih lebih baik. Hal inilah yang membuat Pirelli SC1 tak lagi jadi pilihan, kini ada extra soft SCQ. Sedianya bisa digunakan pula di Superpole dan bila memungkinkan bisa juga untuk Superpole Race.

Di kelas WorldSBK, untuk ban bagian depan akan tetap disuguhkan ban standar pilihan medium SC1 dan hard SC2. Menjadikan Mandalika sebagai sirkuit jalan raya untuk ban depan, musim lalu pilihan SC2 lebih banyak dipakai. 

WorldSBK 2023 yang akan digelar di sirkuit Mandalika, 3-5 Maret, Pirelli menyiapkan ban khusus kompon lunak Pirelli SCQ. (Infografis: Pirelli)

Sementara ban bagian belakang, akan ada dua pilihan ban dan satu ban hanya untuk kualifikasi serta Superpole Race. Selama sesi latihan tersedia supersoft SCX-A (spesifikasi pengembangan B0800) dan soft SC0, ban yang menjadi pilihan sejak tahun lalu. Superpole dan Superpole Race akan ada pilihan tambahan extra soft SCQ, yang juga menjadi standar.

Di kelas WorldSSP, pembalap bisa memilih ban standar SC1 dan SC2 yang tersedia untuk bagian depan dan belakang, serta ada juga pilihan SCX dan SC0.

Giorgio Barbier selaku Motorcycle Racing Director mengatakan bahwa akibat permukaan sirkuit Mandalika yang diaspal ulang jelang balapan menjadikan tak ada yang tahu seperti apa aspal baru ini. Hal ini membuat Pirelli mempertimbangkan untuk mengeluarkan ban belakang khusus agar tidak lekas habis dengan pilihan SCX B0800, SC0, dan SC1.

“Kita telah melihat data bahwa SC1 tak pernah dipilih karena tingginya temperatur permukaan aspal yang menjadikan ban kehilangan cengkeraman berbanding dengan SC0, dan menjadi pilihan untuk balapan,” ujar Giorgio Barbier.

Dirinya meyakini bahwa musim ini telah mengkonfirmasi Pirelli SC0 dan SCX B0800 akan disandingkan dengan pilihan tambahan SCQ untuk kualifikasi dan juga Superpole Race. “Ban depan juga ada pilihan SC1 dan SC2. Kami juga memastikan bahwa ban standar motor ini juga bisa dibeli di pasaran. Sejauh ini untuk Indonesia, masih musim hujan sehingga ban basah juga akan disiapkan seperti di Australia,” jelas Giorgio Barbier.

Baca juga: Tim Repsol Honda Pamer Livery Baru Hadapi MotoGP 2023

Ingin berdiskusi dengan redaksi mengenai artikel di atas? Mari bergabung di grup Telegram GoOto

Iklan

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi