Ban Motor Pirelli Diablo Supercorsa Optimalkan Performa Supebike
Reporter: Tempo.co
Editor: Kusnadi Chahyono
Selasa, 17 Januari 2023 09:39 WIB
Ban motor Pirelli Diablo Supercorsa. (Foto: Pirelli)

GOOTO.COM, JakartaPirelli menghadirkan ban baru untuk sepeda motor bermesin besar. Ban motor itu adalah Diablo Supercorsa yang ditawarkan untuk mengimbangi performa mesin terbaru motor 1.000 cc ke atas. Sebelumnya baru diumumkan pada September lalu, kemudian peluncuran dilakukan di Milan, 16 Januari 2023, dan sudah bisa dipesan oleh publik.

Dua tipe ban motor yang disajikan berupa Pirelli Diablo Supercorsa SC V4 dan Diablo Supercorsa SP V4. Keduanya dihadirkan kompon terbaik untuk menghadirkan cengkeraman terbaik ke permukaan aspal. Struktur ban disajikan seperti standar motor balap, sehingga bisa lebih percaya diri ketika keluar dari tikungan.

SP yang berarti “Sport Production” merupakan ban sporty disiapkan untuk penggunaan di jalan raya. Tekanan ban untuk jalan raya atau sirkuit tetap disajikan 2.3 bar untuk depan dan 2.1 bar untuk belakang. SC diartikan sebagai “Special Compound” merupakan ban dengan tapak balap terbaik yang pernah dibuat oleh Pirelli.

Pirelli memastikan bahwa pengembangan ban ini dilakukan sepanjang kompetisi WorldSBK. Debut ban ini terbilang sukses untuk kelas motor di atas 600 cc semenjak diperkenalkan tahun 2007. Diyakini telah terjual lebih dari 3,5 juta ban Pirelli Diablo Supercorsa.

Pilihan ban Pirelli Diablo Supercora SC V4. (Foto: Pirelli)

Pirelli Diablo Supercorsa SC V4 tersedia dalam tiga kompon untuk ban depan dan belakang. SC1 untuk depan mendapatkan kepercayaan diri saat menikung, sedangkan ban belakang meningkatkan cengkraman saat akselerasi tahan terhadap temperatur tinggi dan coco di aspal tak terlalu abrasif.

Kemudian Diablo Supercorsa SC2, ban di bagian depan untuk meningkatkan kestabilan dan konsistensi, dan untuk ban belakang sajikan performa konsisten dan ideal untuk temperatur dingin atau aspal yang sangat abrasif. Sementara untuk SC3 khusus untuk balapan gembira alias bersama komunitas, tidak untuk penggunaan balap profesional.

Pirelli Diablo Supercorsa SP V4 hadirkan kompon ganda untuk ban depan dan belakang. bagian tengah ban menggunakan kompon dasar gunakan full silica menjamin temperatur ban lebih konsisten meski melibas permukaan aspal dingin atau panas. Sementara bagian tepi ban gunakan kompon berbeda yang diklaim kompon serupa dengan SC3 versi balap. 100 persen formulasi hitam karbon.

Ban belakang Pirelli Diablo Supercorsa SP V4 ini punya karakter kompon berbeda. Di bagian tengah merupakan kompon lunak, sedangkan bagian tepinya menggunakan komponen serupa SC3. Namun dipastikan kompon bisa lebih cepat mendapat temperatur optimal.

Sumber: Pirelli

Baca Juga: Hydrophobic Lab Tawarkan Perawatan Sepeda Motor dan Helm

Ingin berdiskusi dengan redaksi mengenai artikel di atas? Mari bergabung di grup Telegram GoOto

#Pirelli
#Superbike
#Pirelli Diablo Supercorsa
#Balap Motor
#Ban Motor
#WorldSBK

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi