Mitsubishi Gelar Pelatihan 4WD Bagi Pekerja Tambang
Reporter: Tempo.co
Editor: Tempo.co
Selasa, 9 Juni 2009 21:53 WIB
TEMPO Interaktif, Jakarta: Kendaraan 4WD (four wheel drive) adalah kendaraan wajib bagi mereka yang bekerja di pertambangan atau perkebunan. Tapi mayoritas pengemudi di perusahaan pertambangan mengaku mengemudikan kendaraan 4WD berdasarkan feeling.

PT Krama Yudha Tiga Berlian, pemegang merek Mitsubishi di Indonesia bersama Java Adventure menggelar pelatihan bagi 100 pengemudi atau operator kendaraan PT Adaro Indonesia di Kabupaten Tabalong, Kalimantan Selatan.

Selama ini, untuk mengatasi medan berat para pengemudi benar-benar hanya mengandalkan pengalaman seadanya. “Waktu masuk ke sini, kami memang di test pengetahuan mengendarai mobil, tetapi tidak untuk teknik mengatasi medan alami,” kata Suriani, salah satu pengemudi PT. Adaro Indonesia. “Dulu, untuk mengatasi medan lumpur, saya dan rekan-rekan menggunakan rantai untuk membalut ban."

Selama dua hari, 30-31 Mei lalu, para pengemudi diberikan teori dan praktek tentang teknik dan cara mengemudi kendaraan 4WD yang benar dan aman di berbagai kondisi medan offroad maupun onroad. Untuk teori dan praktek ini, ATPM mobil Mitsubishi itu menggandeng offroader nasional dari Java Adventure.

Setelah melakukan teori sehari penuh, praktek dilakukan di daerah pertambangan Tabalong. PT. Adaro Indonesia memiliki daerah operasi pertambangan di dua tempat, yaitu Tabalong dan Balangan di Kalimantan Selatan. Di dua wilayah pertambangan itu, para pengemudi/operator tak hanya dituntut mematuhi peraturan lalu lintas di kompleks pertambangan, juga harus memiliki ketrampilan mengemudikan jenis kendaraan 4WD.

”Terutama bagi operator yang bertugas di geologi dan eksplorasi, ketrampilan mengemudi kendaraan 4WD sangat dibutuhkan,” jelas Ferry Arthantya, GA Section Head PT. Adaro Indonesia. ”Karena medannya benar-benar masih alami. Menaklukkannya tidak cukup dengan feeling."

Selama bulan Mei lalu, PT. Krama Yudha Tiga Berlian Motors telah memberikan kepelatihan soal berkendara kendaraan 4WD di beberapa perusahaan pertambangan seperti PT. Adaro Indonesia, PT. Arutmin Indonesia, PT. Kaltim Prima Coal, PT. Kapuas Prima Coal, PT. Mahakam Sumber Jaya, PT. Pama Persada, PT. Pertamina, PT. Bukit Asam, dan PT. Kideco Jaya Agung.

Sementara kegiatan serupa bagi perusahaan perkebunan dilakukan kepada karyawan di PT. Wylmar Group, PT. Asian Agri, dan PT. Perkebunan Nusantara (Persero) ketiganya berlokasi di Sumatera.

RAJU FEBRIAN

#Otomotif
#Mitsubishi

 

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi