Ducati Panigale V4 dan Panigale V2 Hadirkan Edisi Juara Dunia MotoGP, WorldSBK, dan WorldSSP
Reporter: Gooto.com
Editor: Kusnadi Chahyono
Minggu, 17 Desember 2023 12:00 WIB
Ducati Panigale V4 dan Panigale V2. (Foto: Ducati)
Iklan
Iklan

GOOTO.COM, JakartaSebagai wujud perayaan tiga titel Juara Dunia diraih di kelas MotoGP, WorldSBK, dan WorldSSP manufaktur asal Italia yakni Ducati melansir lima motor yakni di antaranya empat Ducati Panigale V4 dan satu unit Panigale V2.

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Tentu saja unitnya terbatas, apalagi setiap motor akan dijumpai tanda tangan setiap pembalap Ducati. Di antaranya Francesco Bagnaia, Jorge Martin, Marco Bezzecchi dari kelas MotoGP, kemudian Alvaro Bautista mewakili WorldSBK, dan Nicolo Bulega mewakili WorldSSP.

Ducati Panigale V4 yang didedikasikan untuk Francesco Bagnaia dan Alvaro Bautista menggunakan corak kuning yang digunakan kedua juara tersebut saat balapan di Grand Prix Misano dan Putaran SBK, merayakan warna ikonik dalam sejarah Ducati dan dengan demikian menjadi lebih ikonik.

Motor-motor tersebut dipresentasikan pada konferensi pers untuk mengantisipasi "Campioni in Festa", acara di mana Ducati merayakan kesuksesan bersejarah ini bersama dengan para penggemarnya.

Setiap unit dari seri ini akan dibuat unik dengan tanda tangan asli pengendara yang ditempelkan di tangki, tanda tangan tersebut kemudian akan dilindungi dengan lapisan pernis transparan. Lima replika tersebut merayakan nomor balap para pembalap yang menjadi dedikasinya: Pecco Bagnaia 63, Álvaro Bautista 19, Jorge Martín 89, Marco Bezzecchi 72 dan Nicolò Bulega 11.

Layaknya motor balap yang menjadi inspirasinya, replika balap Ducati Panigale 2023 ditawarkan dalam konfigurasi single-seater saja. Masing-masing dihiasi dengan pelat kemudi aluminium billet dengan ukiran laser nama model dan nomor progresif, serta tombol dan animasi khusus untuk dasbor saat tombol diaktifkan. Selain itu, sadelnya terbuat dari bahan khusus, dengan logo pengendara yang terpampang seperti motor balap.

Replika Juara Dunia MotoGP 2023 Francesco Bagnaia untuk Ducati Panigale V4 terinspirasi dari livery paling eksklusif musim 2023, Ducati Yellow yang digunakan Desmosedici GP Tim Ducati Lenovo saat membalap di San Marino dan Riviera di Rimini GP di Misano. Produksinya dibatasi hanya 263 unit.

Replika Juara Dunia WorldSBK 2023 Alvaro Bautista di Ducati Panigale V4 menggunakan livery Ducati Yellow dari Panigale V4 R yang dipakai Alvaro untuk balapan di putaran Misano dan balapan 2 di Jerez de la Frontera. 

Liverynya, secara khusus, terinspirasi dari livery yang digunakan Bautista untuk menjadi Juara Dunia WorldSBK untuk kedua kalinya, di Jerez. Lebih jauh lagi, seperti Ducati Panigale V4 R yang menjadi inspirasinya, diperkuat dengan tangki bahan bakar alumunium, winglet serat karbon, dan velg aluminium tempa Marchesini berwarna abu-abu muda. Produksinya dibatasi hanya 219 unit.

Replika Balap Panigale V4 Martín 2023 mengambil warna resmi Desmosedici GP tim Prima Pramac, dan dibuat semakin unik dengan spakbor depan berbahan serat karbon. Produksi dibatasi 189 unit.

Replika Balap Marco Bezzecchi untuk Ducati Panigale V4 terinspirasi dari livery kuning/hitam Desmosedici GP tim Mooney VR46. Produksi dibatasi hanya 72 unit.

Spesifikasi teknisnya mengadopsi kopling kering sembilan cakram STM-EVO SBK dan peredam homologasi Akrapovi, yang 2 kg lebih ringan dari peredam standar pada Panigale V4. Sistem pengereman Brembo ditingkatkan dengan kaliper Stylema® R dan master silinder MCS dengan penyesuaian jarak jauh. Pijakan kaki yang dapat disesuaikan terbuat dari aluminium billet Rizoma. Kaca plexiglass adalah versi balap.

Detail teknis lainnya yang menjadi ciri khas motor spesial ini adalah pelindung panas untuk manifold buang belakang, penutup alternator, spakbor belakang, dan saluran rem depan, semuanya terbuat dari serat karbon. Juga terbuat dari serat karbon, dikombinasikan dengan titanium, merupakan penutup yang melindungi lengan ayun satu sisi.

Seluruh motor replika Ducati Panigale V4 dibuat semakin mirip dengan motor balap yang menjadi inspirasinya berkat serangkaian aksesori, seperti penutup kopling terbuka dari serat karbon, kit untuk melepas dudukan plat nomor dan kaca spion, bahan bakar balap. tutup tangki dari aluminium billet dan modul GPS yang memungkinkan tampilan waktu putaran dan waktu split yang diambil di trek di dasbor.

Replika Juara Dunia Nicolo Bulega di Ducati Panigale V2 menggunakan livery merah/hitam Panigale V2 tim Aruba.it Racing WorldSSP yang dengannya Nicolò Bulega memenangkan gelar juara dunia. Produksi dibatasi 111 unit.

Panigale V2 juga ditingkatkan dengan suspensi Öhlins dan peredam kemudi, serta peredam balap Akrapovi, yang meningkatkan tenaga maksimum sebesar 2,5% dan torsi maksimum sebesar 2%, serta berkontribusi mengurangi bobot sepeda sebesar 5 kg, serta baterai Li-ion. Pijakan kaki pengendara Rizoma dapat disesuaikan, terbuat dari aluminium billet. Spakbor depan dan belakang, pelindung rantai, pelindung penutup kopling, pelindung lengan ayun, dan pelindung peredam kejut terbuat dari serat karbon. Panigale V2 yang didedikasikan untuk Bulega juga dapat semakin mirip dengan motor balap dengan memasang plat nomor dan alat pelepas kaca spion, serta tutup tangki balap berbahan aluminium billet.

Pilihan Editor: Ducati Hypermotard 698 Mono RVE Jadi Sepeda Motor Terindah di EICMA 2023

Ingin berdiskusi dengan redaksi mengenai artikel di atas? Mari bergabung di grup Telegram pilih grup GoOto

Iklan

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi