Jorge Martin Terjatuh, Francesco Bagnaia Juara Dunia MotoGP 2023
Reporter: Gooto.com
Editor: Kusnadi Chahyono
Senin, 27 November 2023 07:34 WIB
Francesco Bagnaia Juara Dunia MotoGP 2023 diraih di MotoGP Valencia pasca Jorge Martin terjatuh. (Foto: Ducati)
Iklan
Iklan

GOOTO.COM, JakartaMotoGP Valencia 2023 menjadi final penentuan Juara Dunia MotoGP 2023, Minggu, 26 November, yang akhirnya diraih oleh Francesco Bagnaia pembalap Ducati Lenovo. Lawan sengitnya, Jorge Martin mengalami insiden menyenggol Marc Marquez saat pengejarannya finis terdepan. Beruntung kedua pembalap tidak mengalami cedera meski Marc terpelanting ke udara akibat ban belakang terkunci oleh ban depan Martin.

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Meski tak mencetak pole position, Francesco Bagnaia diuntungkan dengan terkena penalti Maverick Vinales (Aprilia Racing) saat warm-up. Selepas start, Francesco Bagnaia berhasil memimpin balapan, namun Jorge Martin mengerahkan semua kekuatan Ducati Desmosedici GP23. Namun karena efek dari slipstream membuat motor bernomor 89 tersebut kehilangan kendali.

Jorge Martin berhasil kembali ke lintasan, membuatnya pupus dari potensi Juara Dunia MotoGP 2023 setelah menyenggol Marc Marquez di lap 6. Mengetahui Martin terjatuh, Bagnaia mencoba bertahan dengan laju motor yang kemudian dimanfaatkan oleh dua pembalap KTM yakni Brad Binder dan Jack Miller. Sayangnya keduanya alami insiden yang membuat kehilangan posisi, Bagnaia akhirnya memimpin balapan di lap 19 paca Miller terempas dari KTM RC16 di tikungan 11.

Francesco Bagnaia Juara Dunia MotoGP 2023 berfot bersama tim Ducati. (Foto: Ducati)

“Saya sangat senang, lebih dari ini adalah hal yang mustahil, juga karena kami memenangkan balapan jadi ini luar biasa,” ujar Francesco Bagnaia

“Saya ingin mengucapkan banyak terima kasih kepada seluruh tim, mereka melakukan pekerjaan luar biasa, dari Barcelona, itu cukup sulit bagi kami, tapi kami pantas mendapatkan gelar ini lebih dari siapa pun,” ujar pembalap Italia yang kini genggam dua titel Juara Dunia MotoGP 2022 dan 2023. 

Perihal hasil balapan, Francesco Bagnaia menjelaskan, “Saya tidak melihat apa pun di belakang saya, saya berpikir Jorge masih dalam balapan, dan saya cukup takut akan hal itu. Saya hanya berpikir untuk memenangkan perlombaan karena itu adalah cara terbaik untuk menyelesaikan musim.”

Raih puncak klasemen Juara Dunia MotoGP 2023, Francesco Bagnaia miliki 467 poin unggul 39 poin dari Jorge Martin yang miliki 428 poin. Finis terburuk Bagnaia mengawali musim ini di seri kedua MotoGP Argentina hanya finis posisi 16. Selebihnya tak finis di Amerika, Prancis, India, dan tidak start di MotoGP Austria. 

Adapun kemenangan Francesco Bagnaia diraih sepanjang satu musim sebanyak tujuh kali. Saat musim pembuka di Portugal, Spanyol, italia, Belanda, Austria. Persaingan di klasemen kian memanas saat di MotoGP Indonesia, Jorge Martin terjatuh dan Bagnaia yang start dari posisi 13 dan bisa menang di sirkuit Mandalika. Terakhir menang telak di MotoGP Valencia untuk menutup persaingan titel Juara Dunia MotoGP 2023 dari Jorge Martin.

Pilihan Editor: Jelang Perpisahan, Marc Marquez Pakai Helm Khusus di MotoGP Valencia 2023

Ingin berdiskusi dengan redaksi mengenai artikel di atas? Mari bergabung di grup Telegram pilih grup GoOto

Iklan

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi