Kata Jorge Lorenzo Soal Rivalitas Jorge Martin Vs Francesco Bagnaia
Reporter: Erwan Hartawan
Editor: Kusnadi Chahyono
Jumat, 17 November 2023 11:39 WIB
Jorge Lorenzo masuk Legends Hall of Fame MotoGP. (Instagram/@motogp)
Iklan
Iklan

GOOTO.COM, Jakarta - Persaingan gelar juara Dunia MotoGP 2023 berlangsung makin seru antara Jorge Martin berhasil mengimbangi dominasi Francesco Bagnaia. Melihat hal tersebut, legenda MotoGP, Jorge Lorenzo mendukung  The Martinator -julukan Jorge Martin bisa memenangkan persaingan.

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Diketahui Pecco sapaan Francesco Bagnaia merupakan juara bertahan dalam gelaran ini. Bahkan di awal musim ini, dia mampu memiliki keunggulan lebih dari 60 poin.

Namun, kondisi berubah setelah pembalap Ducati Lenovo itu mengalami kecelakaan di MotoGP Catalunya 2023 di mana kakinya terlindas oleh pembalap KTM Red Bull, Brad Binder, di tengah lintasan.

Meski tidak mengalami cedera parah, namun kondisi tersebut membuat peforma murid Valentino Rossi itu menurun drastis. Di sisi lain, Jorge Martin sangat garang di paruh kedua musim ini.

Pembalap asal Spanyol itu berhasil memenangkan tiga balapan utama selepas Catalunya, sedangkan sang juara bertahan hanya sekali saja. 

Francesco Bagnaia dan Jorge Martin di persaingan Titel Juara Dunia MotoGP 2023. (Foto: MotoGP)

Wal hasil, dia memangkas ketertinggalannya menjadi 14 poin saja setelah balapan terakhir di MotoGP Malaysia 2023 pada akhir pekan lalu. Bahkan, Martin sempat mengambil alih puncak klasemen dari Pecco setelah menang sprint di Mandalika.

Jorge Lorenzo pun menyebut kecelakaan tersebut memang mengubah persaingan perebutan gelar juara MotoGP 2023. Dia memprediksi jika tak terjadi, maka pembalap asal Italia itu akan dengan lebih mudah mempertahankan titelnya tahun ini.

“Montmeló (MotoGP Catalunya 2023) adalah titik balik dalam kejuaraan, karena tanpa kecelakaan, semuanya akan lebih mudah bagi Francesco Bagnaia,” kata Lorenzo dilansir dari Motosan, Kamis , 16 November 2023.

Juara MotoGP tiga kali itu pun mengungkapkan bahwa Pecco dan Martin saat ini punya kelebihan masing-masing untuk merengkuh takhta musim ini. Artinya mereka juga memiliki peluang yang sama untuk juara dengan dua seri tersisa musim ini di GP Qatar dan Valencia 2023.

Meski begitu, Lorenzo lebih ingin melihat Martin yang menjadi juara MotoGP 2023 karena mereka cukup akrab sebagai sesama pembalap asal Spanyol. Meski begitu, dia yakin Francesco Bagnaia dan Jorge Martin bakal menyajikan pertarungan seru di akhir musim ini.

“Pecco sudah punya pengalaman dan sudah menjadi juara dunia. Jorge melakukan kualifikasi dan balapan dengan baik karena kecepatannya yang luar biasa,” kata pria berusia 36 tahun itu.

Pilihan Editor: Francesco Bagnaia dan Jorge Martin Sajikan Persaingan Sengit di MotoGP Qatar 2023

Ingin berdiskusi dengan redaksi mengenai artikel di atas? Mari bergabung di grup Telegram pilih grup GoOto

Iklan

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi