Jadi Juara Dunia MotoGP 2023, Francesco Bagnaia hanya Perlu Finis Posisi 5
Reporter: Gooto.com
Editor: Kusnadi Chahyono
Minggu, 26 November 2023 09:08 WIB
Francesco Bagnaia di MotoGP Valencia 2023. (Foto: Ducati)
Iklan
Iklan

GOOTO.COM, JakartaPersaingan Juara Dunia MotoGP 2023 ditentukan di penghujung balapan MotoGP Valencia 2023, setelah Jorge Martin (Prima Pramac Racing) memenangkan Sprint Race, Sabtu, 25 November, dan Francesco Bagnaia (Ducati Lenovo) mencoba mencari posisi aman finis posisi lima.

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

“Sayangnya kami mengacaukan pilihan ban belakang, medium bukan yang terbaik saat ini. Kami mencobanya pagi ini dan saya cepat dengan mediumnya dan perasaan saya sangat baik. Dengan ban itu kami akan berjuang untuk meraih kemenangan, saya yakin,” ujar Francesco Bagnaia. 

Ditambahkan Francesco Bagnaia, “Kami kehilangan peluang bagus, tapi kami harus positif karena kecepatannya bagus, pengaturannya bagus, dan perasaannya bagus. Saya berharap untuk memimpin dan berusaha mengejar tetapi saya kehilangan waktu di setiap akselerasi.” 

Pembalap Italia yang kini memegang 442 poin di klasemen ini menegaskan, “Seperti biasa, kami punya peluang bagus, jika Jorge Martin menang, saya hanya perlu finis di lima besar, tapi kami punya kecepatan untuk naik podium dan itu bagus.”

Jarak poin antara keduanya tinggal 14 poin, Francesco Bagnaia masih memimpin di klasemen sementara Juara Dunia MotoGP 2023. Banyak prediksi yang menjadi perhitungan agar Bagnaia menang cukup finis di lima besar mencari tambahan 11 poin menjadi total 25 poin. 

Jorge Martin inginkan namanya berada di tower ke 75 sebagai Juara Dunia MotoGP 2023. (Foto: Red Bull Content Pool)

Pasca menang di Sprint Race, Jorge Martin mengakui strategi tim memilih ban medium di depan dan soft di bagian belakang membuatnya bisa mengejar posisi dan memimpin balapan. “Saya bisa mencapai limit dan pertaruhkan untuk menang atau terjatuh dan akhirnya berjalan lancar. Semoga dengan pilihan ban yang bagus saya bisa menang lagi.”

Andai angka sama di klasemen, Bagnaia masih bisa menang atas Martin, sebab musim MotoGP 2023 kemenangan lebih banyak diraih sudah enam. Sementara Martin empat kemenangan di balapan utama.

Sementara untuk yang menginginkan Jorge Martin raih Juara Dunia MotoGP 2023, pembalap Spanyol bernomor 89 ini harus bisa menang mutlak dan Bagnaia finis di posisi enam. 

Namun banyak pembalap Spanyol yang ingin menang di sirkuit Ricardo Tormo ini, sebut saja dua pembalap Aprilia Racing salah satunya Maverick Vinales yang memegang pole position MotoGP Valencia, hingga Marc Marquez ingin menutup musim bersama Repsol Honda dengan kemenangan terakhir. Apalagi di Sprint Race MotoGP Valencia berhasil naik podium 3.

Apabila Jorge Martin hanya finis posisi 2 atau 3, Bagnaia kemungkinan mengalami kendala di motor Ducati Desmosedici GP23 yang membuatnya hanya finis posisi terbaik di 11 atau 15. Tentu hal ini tidak diinginkan oleh tim Ducati Lenovo. Finis terburuk Bagnaia mengawali musim ini di seri kedua MotoGP Argentina hanya finis posisi 16. Selebihnya tak finis di Amerika, Prancis, India, dan tidak start di MotoGP Austria.

Pilihan Editor: Diggia Menang di MotoGP Qatar, Juara Dunia MotoGP 2023 Ditentukan di Valencia!

Ingin berdiskusi dengan redaksi mengenai artikel di atas? Mari bergabung di grup Telegram pilih grup GoOto

Iklan

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi